Manfaat Jus Jeruk Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Loading...

Manfaat Jus Jeruk Lemon Untuk Kesehatan dan KecantikanJus Jeruk Lemon

Jika kita membicarakan mengenai buah favorit, mungkin jawaban yang akan muncul kebanyakan seperti apel, jeruk, stroberi, nanas, papaya, pisang dan sejenisnya.

Sangat jarang jeruk lemon masuk dalam daftar buah favorit seseorang. Padahal buah yang mengandung banyak vitamin C, B, kalsium, fosfor, karbohidrat dan protein ini memiliki banyak manfaat.

Berikut akan disebutkan beberapa manfaat utama jeruk lemon untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Jus Lemon Untuk Rambut

Jus lemon atau air perasan jeruk lemon adalah obat alami yang ampuh untuk mencegah rambut rontok. Ada berbagai macam cara untuk mengaplikasikannya.

Pertama, dengan meneteskannya langsung ke kulit kepala (kira-kira 6 sampai dengan 8 tetes) atau dengan mencampurkan air perasan jeruk lemon dengan telur ayam untuk menghilangkan ketombe dan melembutkan rambut sekaligus.

Yang terakhir dengan mencampurkan air perasan jeruk lemon dengan minyak kelapa untuk mengontrol rambut rontok.

2. Jus Lemon Untuk Kulit

Jus lemon atau air perasan jeruk lemon bisa diterapkan langsung di wajah. Jeruk lemon mengandung vitamin C yang tinggi sehingga membantu mencerahkan kulit wajah dan menghindari kekusaman.

READ:  Cara Tepat Menggunakan Henna Untuk Kecantikan Kuku

Selain itu dengan menambahkan air perasan jeruk lemon dengan putih telur bisa mengontrol kelebihan minyak serta membuat warna kulit wajah nampak lebih rata serta cerah.

Campuran air perasan jeruk lemon dengan madu bisa membantu mengobati eksim. Mengkonsumsi jus lemon hangat di pagi hari bisa membantu proses detoksifikasi tubuh.

3. Jus Lemon Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Rutin meminum jus lemon bisa membantu menurunkan berat badan dengan dua cara.

Yang pertama mengisi perut sehingga membuat kita merasa cepat kenyang dan makan lebih sedikit. Yang kedua vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh dan membantu dalam proses pencernaan makanan dengan cepat sehingga lemak dan karbohidrat tidak akan tinggal lebih lama dalam tubuh.

Segelas air perasan jeruk lemon yang ditambah dengan madu bisa membantu mengendalikan kelebihan lemak.

4. Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

Selain membantu mengurangi berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh dan membersihkan karbohidrat, rutin mengkonsumsi jus lemon juga membantu mencegah diabetes dan aterosklerosis dengan cara meningkatkan kerja hati sehingga menguatkan enzim hati dan melancarkan fungsi hati.

READ:  8 Manfaat Menakjubkan Air Hangat dan Perasan Lemon

Air perasan jeruk lemon juga bisa digunakan untuk mencegah atau mengobati sakit tenggorokan, yakni dengan cara mencampurkan beberapa sendok makan air perasan jeruk lemon dengan segelas air dan gunakan campuran tersebut untuk berkumur.

5. Jeruk Lemon Untuk Ibu Hamil

Air perasan jeruk lemon yang dicampur dengan air hangat sebenarnya juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena membantu membangun perkembangan otak dan tulang dan saraf janin.

Hanya saja karena sifatnya yang terlalu asam, jus jeruk lemon tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak atau terlalu sering.

(foto: ShutterStock.com)