Berdamai dengan Rambut Rontok

Loading...

Rambut rontok Rambut rontok bisa menyebabkan kebotakan

Salah satu tanda bahwa rambut tidak sehat adalah dengan adanya rambut yang rontok. Kita pasti merasa kesal karena rambut yang semakin menipis. Lalu harus bagaimana? Simak artikel berikut yang akan membahas bagaimana caranya agar Anda bisa berdamai dengan rambut rontok.

1. Untuk mengetahui apa penyebab rambut rontok, penting untuk mengunjungi dokter dan meminta bantuan medis agar bisa mendapatkan perawatan yang tepat. Bisa saja ternyata rambut Anda rontok karena faktor gen (keturunan), kesalahan karena memakai produk perawatan rambut yang tidak cocok atau karena efek samping dari pengobatan medis yang dilakukan (misalnya kemoterapi), atau karena ketidakseimbangan hormon (biasanya terjadi pada wanita).

2. Dokter akan meresepkan obat untuk memperkuat akar rambut agar rambut tidak lagi mudah rontok, namun efek samping dari obat tersebut biasanya berbeda-beda pada tiap orang.

3. Pertimbangkan untuk mencoba kortikosteroid yang merupakan bahan kimia yang meliputi hormon steroid yang diambil dari korteks hewan – khususnya vertebrata – yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi beragam kegiatan fisiologis. Kortikosteroid biasanya disuntikkan ke daerah-daerah kulit kepala setiap bulan. Ini juga membantu mengurangi rambut rontok.

READ:  Apa Yang Menyebabkan Kulit Kepala Terasa Gatal?

4. Operasi transplantasi rambut. Teknik bedah rambut termasuk pengurangan kulit kepala dengan meletakkan rambut pada daerah kepala yang botak.

5. Bila Anda takut melakukan operasi transplantasi rambut, ada cara lain yang lebih murah, aman dan praktis yaitu dengan memakai wig.

6. Cobalah cara-cara alami bagaimana mengatasi rambut. Misalnya dengan mencoba ramuan ginseng dengan cara dioleskan ke kepala dan jangan lupa untuk rutin membersihkan kulit kepala dan rambut untuk menghindari kotoran yang dapat menyebabkan jamur bertumbuh. Adanya jamur di kulit kepala dapat menyebabkan ketombe dan kerontokan rambut.

(photo: phyto.com)