Tips dan Cara Mengatasi Asam Urat

Loading...

Mengatasi asam urat

Orang yang sedang menderita asam urat pasti tahu mengenai rasa sakit yang didapatkan karena penyakit ini. Tingkat asam urat yang tinggi dalam tubuh seseorang bisa menyebabkan masalah yang lebih serius pada orang yang memiliki masalah arthritis seperti encok.

Mengobati encok dan asam urat sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Berikut beberapa langkah sederhana yang mungkin bisa Anda praktekkan sendiri.

1. Pola Hidup Sehat

Salah satu langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengubah gaya hidup dan kebiasaan makan Anda. Misalnya dengan mengurangi porsi makan makanan yang bisa meningkatkan asam urat seperti daging merah (mentah), jamur, jeroan dan ikan asin.

Mengurangi konsumsi jenis makanan tersebut bisa membantu mengurangi resiko terkena penyakit yang berkaitan dengan arthritis.

2. Vitamin C

Mengambil vitamin C dengan dosis yang tepat juga membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Yakni, 500 miligram vitamin C setiap hari bisa menurunkan kadar asam urat dalam waktu satu hingga 2 bulan.

READ:  11 Penyebab Munculnya Mata Panda

3. Buah Ceri

Buah ceri juga bisa jadi salah satu alternatif untuk mengobati arthritis dan menurunkan kadar asam urat. Konsumsilah secangkir sari atau jus yang terbuat dari buah ceri segar secara rutin.

4. Susu dan Yogurt

Secangkir susu rendah lemak dan yogurt segar yang dikonsumsi setiap hari juga bisa menurunkan resiko terkena asam urat dan bahkan menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

5. Sayur-sayuran

Perbanyak konsumsi sayuran, kecuali yang termasuk dalam kacang-kacangan karena bisa memperburuk asam urat. Cobalah menu diet para vegetarian karena terbukti mampu mengurangi kadar asam urat.

7. Pure Filtered Water

Air murni yang disaring atau Pure filtered water juga sangat baik untuk membantu membersihkan tubuh Anda dari asam urat yang berlebihan. Minumlah setiap hari untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

8. Daun Selederi

Daun seledri yang dijadikan jus juga dikenal sebagai obat asam urat yang sangat baik. Konsumsilah secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Roti, Alkohol dan Lemak

Kurangi konsumsi roti serta makanan laut dan hindari alkohol serta makanan yang mengandung lemak.

READ:  7 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

**

Demikianlah tips dan cara mengatasi asam urat. Semoga bermanfaat.