Kiat Perencanaan Bisnis Penyewaan Lapangan Futsal

Loading...

penyewaan lapangan futsal

Sepakbola adalah olahraga yang populer di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Mulai dari anak-anak, remaja, mahasiswa, sampai pekerja kantoran menggemari olahraga ini. Entah sebagai penghobi atau sekedar penonton.

Sepakbola selain bisa dimainkan di lapangan luas, ia juga bisa dilakukan di dalam ruangan atau yang populer dengan istilah futsal.

Penyewaan lapangan futsal pun kini semakin menjamur karena mudah dijumpai di kota-kota dengan berbagai skala. Bukan tanpa alasan bisnis ini ikut populer sebagaimana olahraganya.

Masa sebelum munculnya penyewaan futsal

Kembali ke beberapa tahun lalu, saat bisnis penyewaan lapangan tak sepopuler sekarang. Tempat bermain sepakbola yang umum digunakan adalah lapangan yang besar, atau mungkin yang ‘melegenda’ seperti sawah yang usai dipanen.

Jika tak begitu biasanya dimainkan di lapangan basket, bulutangkis, voli, sampai tempat parkir. Bayangkan ketidaknyamanan yang dialami oleh para penghobi sepakbola bermain di lapangan seperti ini.

Lapangan besar di Indonesia kebanyakan tak dipersiapkan dengan matang seperti di luar negeri. Ada saja kendala yang dihadapi penghobi sepakbola mulai dari lapangan yang tidak rata, rumput tak terawat atau malah gundul. Sampai-sampai saat bermain di sana debu beterbangan ke mana-mana.

Belum lagi di lapangan olahraga lain, permukaannya yang keras seringkali menyebabkan cedera berbagai tingkat. Dari yang ringan seperti lecet sampai yang serius seperti patah tulang.

Dan kemudian, penyewaan lapangan futsal muncul. Dimulai dengan lapangan rumput sintetis yang rata, empuk,  dengan ‘sensasi Eropa’.

Tak terhitung berapa banyak penghobi sepakbola yang melonjak kegirangan sejak ada fasilitas ini. Seolah-olah obsesi mereka meniru ‘pahlawan lapangan hijau’ terpenuhi dengan berdiri di atas rumput berwarna sama.

Hingga sekarang.

Anda punya tanah kosong dan berminat menjadikannya lapangan futsal?  Anda perlu membaca artikel ini terlebih dahulu.

Faktor perencanaan penyewaan futsal

Berikut ini faktor perencanaan yang mesti Anda pertimbangkan saat membuka bisnis penyewaan futsal:

  • Kriteria lokasi yang strategis:  layakkah tempat Anda?

Hal yang patut diperhatikan saat tempat penyewaan akan dibangun adalah akses transportasi menuju lokasi tersebut. Seperti kebanyakan bisnis, orang tak mau repot-repot menuju tempat yang sulit dituju.

READ:  Tips Beradaptasi Dengan Bos Baru

Namun, untuk bisnis penyewaan futsal, alasannya tak hanya itu. Sifat permainan futsal yang dimainkan oleh tim, patut juga dipertimbangkan.

Seringkali yang terjadi saat reservasi atau pemesanan lapangan futsal, ia dilakukan oleh satu orang yang kemudian mengabarkan kepada teman-temannya.

Bila lokasi Anda sulit dijangkau atau sulit dijelaskan dengan singkat maka akan sulit pula menjaring pelanggan baru. Apakah tempat Anda memenuhi syarat tersebut?

Sehingga saat seseorang melakukan reservasi di tempat Anda dan memberi kabar kawan-kawannya, ia tinggal mengatakan alamatnya saja. Oleh karena itu, lokasi yang strategis untuk tempat penyewaan futsal adalah lokasi yang berada di dekat jalan raya atau jika tak begitu bisa juga di dekat lokasi yang terlebih dahulu populer

Tentu lebih mudah kan misalkan Anda yang memesan lapangan dan mengatakan, ”Kita bermain di lapangan seberang mall Z, atau di samping gedung A.”

Pada gilirannya jika mereka puas dengan pengalaman berfutsal di tempat Anda, mereka mudah memberi rekomendasi dengan mengatakan, ”Futsal di samping gedung A asyik tempatnya, kemaren main di sana.”

Dalam satu kalimat, lokasi Anda tersebar lewat gethok tular.

  • Basis pelanggan: apakah pangsa pasar cukup besar?

Melihat demografi pasar bisnis ini, meskipun rentang usia konsumennya cukup beragam, yang terbesar tetaplah anak muda dari remaja sampai dewasa tahap awal.

Alasannya di samping pada usia ini orang tengah giat-giatnya menekuni hobi, banyak kompetisi dan turnamen futsal yang diselenggarakan untuk kelompok usia tersebut. Dan kelompok usia tersebut bisa dipecah menjadi pelajar dan mahasiswa.

Oleh karena itu, selain jumlah sekolah di sekitar lokasi Anda, apakah di kota Anda banyak terdapat universitas, baik negeri maupun swasta? Faktor tersebut turut mempengaruhi struktur demografi penduduk yang lebih muda.

Jika sudah demikian, berarti futsal punya peluang berhasil di kota Anda.

  • Kompetitor: seberapa banyak dan seberapa besar?

Bisa jadi, Anda bukan satu-satunya orang yang terpikir membuka penyewaan lapangan futsal di kota Anda. Namun, itu bukan berarti bila sudah ada maka peluang Anda otomatis tertutup.

READ:  Kiat Sukses Bisnis Batu Akik

Anda mesti mengenali luasnya pangsa pasar di kota Anda sebelum memutuskan hal tersebut. Ambil contoh, untuk kota pendidikan seperti Malang, Jawa Timur, dari satu titik lokasi kampus tak kurang dari 10 penyewaan futsal yang tersedia.

Dengan luasnya skala pasar, ini justru membantu konsumen. Setelah susah payah mencari jadwal yang tepat, tempat futsal yang penuh adalah mimpi buruk kebanyakan penghobinya. Mencari ke tempat lain adalah solusi bagi kebanyakan mereka. Karena itu, dengan semakin banyaknya kompetitor usaha Anda yang sukses bertahan, justru menandakan prospektifnya usaha ini.

  • Jenis lapangan: vinyl atau sintetis?

Manakah yang terbaik? Lapangan sintetis? Lapangan vinyl? Atau menyewakan kedua jenis sekaligus?

Untung memutuskan yang satu ini, Anda mesti jeli menganalisa tren di kota Anda. Lapangan vinyl adalah lapangan futsal dari lantai berbahan sejenis karet. Tak ada rumput buatan. Warnanya beragam dari coklat, abu-abu, hingga biru. Permukaannya pun licin.

Lantas, apa keunggulan lapangan jenis ini? Keunggulannya ialah standar turnamen futsal internasional FIFA menggunakan jenis lapangan ini.

Jadi, seandainya ada liga futsal profesional di kota Anda,  jenis lapangan ini berpeluang meraih untung baik sebagai tempat penyelenggaraan event, tempat latihan, sampai tempat rekreatif biasa yang terinspirasi liga profesional tersebut.

Bagaimana dengan lapangan sintetis? Jangan salah, ia juga punya banyak keunggulan. Silahkan baca 10 alasan bermain di lapangan futsal rumput sintetis untuk mengetahui lebih lanjut.

  • Operasional bisnis yang teliti

Menjalankan penyewaan futsal selain membutuhkan hal standar seperti biaya listrik untuk lampu di lapangan, biaya air untuk kamar mandi, cleaning service, sampai resepsionis, ada satu detil kecil yang sering dilupakan kompetitor Anda: kualitas lapangan dan kualitas bola.

Lapangan vinyl bisa terkoyak sehingga menyembul dari permukaan. Lapangan sintetis yang terlalu lama bisa terasa keras bagi pemain. Hal kecil seperti bagaimana aliran bola di lapangan alias ‘pengalaman bermain’ sebenarnya merupakan faktor krusial penentu keputusan bagi konsumen langsung seperti penghobi futsal.

READ:  Cara Mudah Membuat Terompet Tahun Baru dari Botol Bekas

Demikian pula dengan bola, kerusakan seperti kurang terpompa atau terlalu banyak angin di dalamnya juga tergolong hal yang dikeluhkan konsumen penghobi futsal.

Karenanya mesti diadakan perawatan secara rutin, bila perlu jadwal pergantian rutin, untuk pengalaman futsal nan sulit terlupakan dari tempat Anda.

  • Promosi yang kreatif

Promosi kini semakin mudah, Anda kini punya internet dan media sosial. Percetakan yang menawarkan brosur berharga terjangkau juga semakin banyak. Tinggal bagaimana kreativitas Anda dalam melakukan pemasaran untuk meledakkan omet.

Untuk cara promosi kreatif lainnya, Anda bisa lakukan dengan menggelar turnamen untuk memperkenalkan lapangan Anda bagi khalayak luas. Bila beruntung Anda bisa diliput media.

Cara lainnya adalah dengan mensponsori sebuah tim. Kalau memungkinkan sebagai sponsor penuh sehingga nama timnya adalah nama tempat Anda. Kembangkan tim tersebut layaknya tim profesional sehingga bila ia meraih juara di banyak turnamen, nama bisnis Anda ikut terdongkrak.

  • Fasilitas penunjang

Kafetaria, cooler minuman ringan, sampai penjualan peralatan olahraga, merupakan sedikit dari fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk menunjang bisnis ini. Kamar mandi yang bersih dan berfasilitas khusus seperti air panas juga akan menambah nilai tempat penyewaan Anda. Kemungkinannya luas, tergantung mana yang menurut perhitungan Anda paling memungkinkan.

***

Demikian tips perencanaan bisnis penyewaan lapangan futsal versi Teruskan.com. Meskipun belum lengkap, namun setidaknya dengan faktor-faktor perencanaan tersebut Anda dapat mengetahui dari titik mana harus memulai.

Dan dari sana Anda diharapkan dapat memulai langkah pertama, untuk membangun bisnis penyewaan lapangan futsal yang sukses.

(foto: toko tenda – Flickr.com)