Manfaat Mandi Air Hangat bagi Kesehatan

Loading...

manfaat mandi air hangatJika seharian penuh Anda beraktivitas di luar ruangan, biasanya yang terpikirkan di kepala adalah segera membasuh tubuh, menghilangkan kotoran dan mengembalikan kesegaran tubuh.

Anda dianjurkan untuk mandi minimal dua kali sehari, agar memperoleh manfaat mandi yang berfungsi untuk menjaga kebersihan tubuh, menghilangkan kotoran yang menempel dan menyejukkan tubuh bahkan mampu menghilangkan stres.

Beberapa orang lebih senang mandi menggunakan air dingin karena menurutnya akan menyegarkan otot-otot tubuh tetapi beberapa orang lainnya memilih mandi menggunakan air panas atau air hangat karena dipercaya mampu menghilangkan stres.

Jika Anda termasuk orang yang sering mandi dengan menggunakan air panas sebaiknya Anda kurangi, karena tidak dianjurkan untuk mandi dengan air panas terlalu sering.

Anda dapat menggantinya dengan air hangat yang akan memberikan manfaat untuk Anda sebagai berikut.

1. Relaksasi otot, tendon, dan sendi

Mandi dengan air hangat akan memberikan relaksasi sendi, tendon, dan jaringan otot. Air hangat juga dapat mengobati rasa sakit di otot dan sendi yang disebabkan oleh arthritis, otot sobek, dan kelelahan.

READ:  Kandungan dan Manfaat Kesehatan Buah Melon Segar

Kehangatan dari air akan merangsang sirkulasi dan aliran darah dalam tubub. Meskipun bukan obat permanen, mandi air hangat lima menit dapat mengurangi rasa sakit, merangsang penyembuhan dan mengurangi peradangan.

2. Membersihkan kulit

Pori-pori kulit yang tersumbat dapat menyebabkan noda dan akumulasi racun dalam kulit. Sedangkan saat Anda menggunakan air hangat, pori-pori akan terbuka sehingga mudah untuk membersihkan kotoran pada tubuh Anda.

Jika Anda telah selesai membersihkannya, Anda dapat menggunakan air dingin sebagai bilasan agar pori-pori Anda tertutup kembali.

3. Sebagai pemanasan sebelum olahraga

Mandi air hangat di pagi hari adalah cara yang efektif untuk memanaskan tubuh sebelum berolah raga. Ketika Anda bangun, otot-otot anda terasa kaku, karena itu dengan mandi air hangat dapat membantu mengendurkan otot dan sirkulasi darah.

4. Menyembuhkan leher dan bahu yang  sakit

Selain dipijat, mandi air panas bisa untuk mengurangi sakit pada leher dan bahu. Siram dengan menggunakan air yang memiliki suhu hangat kuku  selama beberapa menit untuk mengendurkan otot-otot.

READ:  Redakan Pilek dengan Mandi Air Dingin!

5. Meredakan batuk

Uap dari air hangat dapat meringankan dan menyingkirkan dahak yang menjadi penyebab batuk, dahak atau nyeri tenggorokan. Anda juga dapat menambahkan minyak kayu putih agar lebih mudah bernafas.

6. Mengurangi stres dan insomnia

Mandi air hangat adalah obat penenang alami. Jika Anda di bawah stres atau sulit tidur, mandi dari air hangat selama 10 menit dapat menenangkan tubuh, pikiran, dan saraf.

**

Demikianlah 6 manfaat mandi air hangat. Meskipun Anda dapat memperoleh banyak manfaat dari mandi air hangat, disarankan untuk tidak terlalu sering karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab di kulit Anda setelah mandi air hangat agar kelembaban dan kelembutan kulit tetap terjaga.

(foto: smarthairremoval.com)