Pro dan Kontra Mengkonsumsi Kopi Bagi Kesehatan

Loading...

pro kontra kopi

Beberapa orang berpendapat bahwa kopi memberikan manfaat menguntungkan bagi kesehatan, sementara yang lain menganggapnya buruk.

Baca terus tentang pro kontra efek kopi bagi kesehatan dan Anda bisa memutuskan sendiri mana yang benar, dilansir dari Softpedia.

1. Kafein, bahan kimia aktif utama kopi, memblok adenosin, zat kimia yang membuat Anda mengantuk secara alami, meningkatkan konsentrasi dan kecepatan reaksi.

Tapi efek jangka panjang bisa jadi benar-benar rumit. Setelah stimulasi sementara berhenti, sel-sel otak mulai membutuhkan kafein untuk stimulasi dan tiba-tiba menginstal kelesuan saraf.

2. Kafein tampaknya memperlambat proses demensia, daripada mencegahnya. Mengapa kafein memiliki efek yang sedikit berbeda pada wanita daripada pria masih menjadi teka-teki.

Kafein ditemukan juga melindungi terhadap penyakit Parkinson dan depresi, dan ini dapat dikaitkan dengan efek penghambatan pada reseptor adenosin. Depresi berkurang karena kafein meningkatkan dopamin, hormon “perasaan bahagia” pada otak.

3. Peneliti Italia menemukan bahwa kopi membantu melawan blepharospasm, kejang mata yang membuat pasien berkedip tak terkendali, yang dapat berubah menjadi gangguan penglihatan berat.

Dalam kasus yang parah, ini bisa membuat pasien buta secara fungsional. Satu atau dua cangkir setiap hari memiliki efek ini. Ini bisa terjadi karena efek kafein pada reseptor adenosin.

4. Semua orang tahu efek pencahar kopi. Kopi yang diseduh juga mengandung serat selulosa larut, yang membantu tubuh menyerap nutrisi penting, mengontrol kolesterol dan melawan sembelit.

Jumlahnya 0,47-0,75 gram serat per 100 ml. Kopi beku-kering berada di atas. Secangkir kopi 240 ml bisa mengandung sebanyak 1,5 g serat (3,2 cangkir berarti 5 g serat).

READ:  Ingin Sehat? Ayo Berbelanja sambil Olahraga!

5. Konsumsi kopi yang tinggi (lebih dari tiga cangkir per hari selama bertahun-tahun) meningkatkan hilangnya kepadatan mineral tulang.

Kafein merupakan diuretik ringan, mempercepat siklus buang air kecil, tapi “mencuri” kalsium yang hilang melalui urin. Jangka panjang, penggunaan kafein berat menyebabkan perkembangan pesat dari osteoporosis.

6. Pengaruh kopi terhadap kesehatan jantung masih kontroversial: beberapa mengatakan ia baik, yang lain mengatakan ia memberikan faktor resiko.

Kafein memblokir adenosin yang menyempitkan pembuluh darah otak. Detak jantung meningkat, otot menegang, tekanan darah meledak, pembuluh darah dekat permukaan mengerut dan lebih banyak aliran darah ke otot.

7. Kafein menyebabkan gangguan tidur. Jangan berpikir tentang minum kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya sebelum tidur. Dan ingat, alkaloid perlu 12 jam untuk benar-benar dihilangkan dari tubuh Anda.

8. Sebuah penelitian menemukan bahwa kopi bisa mengurangi resiko kanker kulit. Enam cangkir kopi berkafein setiap hari menurunkan kemungkinan terkena kanker kulit sebesar 35%, sedangkan 2-3 cangkir menurunkan hingga sebesar 12%. Kafein diyakini menghambat sel tumor membelah, atau bekerja sebagai antioksidan.

Satu penelitian menemukan bahwa kopi dan olahraga melawan kanker kulit akibat sinar matahari hingga 400%. Penelitian lain menunjukkan bahwa kopi juga dapat bermanfaat melawan kanker payudara.

9. Kopi melawan gejala encok! Minuman ini menurunkan kadar asam urat pada jangka pendek, mengurangi inflamasi arthritis yang paling umum dan sangat menyakitkan pada pria dewasa.

Minum 4-5 cangkir kopi setiap hari secara signifikan mengurangi resiko encok sebesar 40% dan lebih dari 6 cangkir per hari sebesar 59%.

READ:  Inilah Kota-Kota Dengan Minuman Kopi Terbaik Di Dunia

10. Dua cangkir kopi mengurangi rasa nyeri pasca olahraga secara signifikan. Kafein meningkatkan daya tahan, dan satu studi menemukan bahwa ia juga mengurangi rasa sakit saat bersepeda dengan intensitas sedang.

Dengan menghalangi reseptor adenosin, melepaskan respon terhadap peradangan dan menyiratkan sensasi rasa sakit, kopi bisa memiliki efek ini. Kafein tampaknya lebih efisien daripada obat pereda nyeri dan sakit konvensional, seperti naproxen, aspirin dan ibuprofen.

11. Kafein dicampur dengan asetaminofen (parasetamol), salah satu obat penghilang rasa sakit yang paling umum digunakan di Amerika Serikat dan Eropa yang bisa merusak hati Anda.

Kafein ditemukan tiga kali lipat jumlah produk sampingan beracun, N-acetyl-p-benzoquinone imine (NAPQI), diproduksi oleh enzim yang memecah asetaminofen tersebut. Namun, efek akan ditentukan oleh konsumsi harian 20-30 cangkir kopi.

12. Kafein membuat wanita berada dalam mood untuk seks, terutama dalam jumlah moderat dan jika wanita tersebut bukan peminum berat. Bahan kimia ini juga dikenal dapat meningkatkan rangsangan pada pria.

13. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi tanpa filter meningkatkan tingkat kolesterol. Kenapa? Karena kopi mengandung zat yang disebut cafestol yang memicu kenaikan kadar kolesterol.

Cafestol memblok reseptor di jalur usus yang penting untuk regulasi kolesterol, dan merupakan bahan kimia makanan yang paling ampuh untuk melakukan hal ini.

Dengan menuangkan air panas di atas kopi bubuk, cafestol terekstrak. Hal yang sama terjadi ketika kopi bubuk direbus dalam air beberapa kali.

Secangkir kopi tanpa filter berisi hingga 4 mg cafestol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol sebesar 1%. Kopi tanpa kafein mengandung cafestol, karena menghilangkan kafein tidak mempengaruhi senyawa lainnya.

READ:  Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

14. Kopi ditemukan dapat menghilangkan 78-90% logam berat terlarut dalam air keran, seperti timah atau tembaga, karena kopi bubuk memiliki molekul tidak bermuatan listrik atau bermuatan negatif, menarik logam berat, yang bermuatan positif.

Kopi yang lebih kuat menghilangkan logam berat beracun dalam jumlah yang lebih tinggi.

15. Kopi dapat membunuh Anda! Sama seperti obat lainnya, dalam jumlah kecil, kafein (dan kopi) adalah stimulan. Denyut jantung yang tidak terkendali adalah awal dari serangan jantung.

Lebih dari 400 mg kafein (ditemukan dalam 4-5 cangkir kopi tubruk) dapat menyebabkan keracunan kafein. Beberapa bahkan mendengus kafein bubuk, yang menghasilkan reaksi yang lebih cepat dan intens.

Dosis kopi yang mematikan belum diuji pada manusia, tetapi pada tikus dosis yang mematikan rata-rata (LD50) dari kafein adalah 192 mg/kg: 50% dari tikus mati setelah mengkonsumsi dalam jumlah ini.

Akan tetapi, pada manusia, nilai akan dikaitkan dengan berat badan dan sensitivitas masing-masing, untuk sekitar 150 hingga 200 mg/kg massa tubuh.

(foto: myhealthnewsdaily.com)