Manfaat Tersembunyi Biji Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

Loading...

manfaat biji semangka

Citrullus lanatus atau buah semangka adalah buah merambat, yang banyak mengandung air. Warna dagingnya yang kemerahan sungguh menggoda untuk disantap di siang hari yang terik.

Buah semangka disukai karena daging buahnya manis menyegarkan, mudah diperoleh dan harganya pun murah. Semangka mengandung 6 persen gula dan 92 persen air.

Warna merah pada daging buah semangka disebabkan oleh kandungan likopen, yang juga terkandung dalam buah berwarna merah lainnya seperti tomat.

Biasanya kita membuang bijinya disaat akan mengkonsumsi buah semangka. Tapi siapa sangka, ternyata biji semangka pun memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Biji Semangka

Isi dari biji semangka kaya akan zat besi, kalium, vitamin, lemak dan kalori yang penting untuk hari-hari gizi. Biji semangka juga dapat digunakan sebagai obat diet yang telah diubah dalam bentuk kuaci.

Saat biji semangka diubah dalam bentuk kuaci juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai agen anti kanker dan dapat mengobati masalah pada ginjal.

Beberapa manfaat lain dari biji semangka adalah dapat mengurangi peradangan pada kandung kemih dan melembabkan usus.

READ:  Manfaat Semangka untuk Perawatan Kulit Kering

Selain itu, likopen dalam semangka juga baik untuk wajah Anda.

Biji semangka dapat memulihkan kesehatan setelah sakit dan juga mempertajam memori yang bermanfaat untuk Anda yang sudah berusia lanjut.

Bagi para pria, likopen berguna untuk meningkatkan kesuburan pria dan juga gairah.

Bahkan, menurut sebuah penelitian, biji semangka memiliki fungsi setara dengan obat paten yang terkenal tetapi tidak memiliki efek samping bahkan biji semangka hampir setara dengan gizi kacang kedelai.

Saat ini juga sudah mulai dipasarkan susu yang terbuat dari biji kuaci yang memiliki banyak manfaat dibanding susu sapi, karena itu sangat baik untuk Anda masukkan dalam daftar diet.

Biji Semangka Untuk Diabetes

Berikut kami bagikan 1  cara menyembuhkan diabetes Anda dengan menggunakan biji semangka.

Caranya :

  • Ambil 1 genggam biji semangka
  • Rebus kuaci dalam satu liter air sampai mendidih kira-kira (45 menit) lalu tutup panci.
  • Setelah 45 menit,dinginkan air rebusan tadi
  • Siap untuk diminum  setiap hari

**

Demikianlah manfaat biji semangka untuk kesehatan tubuh. Jadi, bila Anda mengkonsumsi buah semangka, jangan buang bijinya. Nikmati kesegaran daging buah dan simpan bijinya untuk diolah kemudian.

READ:  Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

(foto: cikipedia.com)