7 Tips Sukses Bisnis Alat Tulis Kantor

Loading...

bisnis alat tulis kantorBeberapa contoh alat tulis kantor

Menjalankan bisnis alat tulis kantor (ATK) merupakan usaha dengan modal kecil dan berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan akan alat tulis semakin bertambah. Contohnya saja ketika pelajar akan selalu membutuhkan pulpen dan kertas, ketika mengurus sesuatu di kantor kelurahan setidaknya kita akan membutuhkan alat – alat tulis.

Prospek bisnis alat tulis kantor cukup menjanjikan dengan pangsa pasar yang cukup luas yakni mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan kantor hingga masyarakat umum.

Nah, berikut ini tips menjalankan bisnis alat tulis kantor agar modal cepat kembali.

1. Pilih lokasi yang strategis

Lokasi menentukan keuntungan anda. Semakin strategis lokasi yang anda pilih maka akan semakin banyak pula pengunjung yang akan datang tempat anda. Lokasi yang strategis untuk menjalankan bisnis ATK adalah di sekitar sekolah atau di sekitar kantor.

2. Penataan barang

Dalam menata alat – alat tulis sebaiknya menggunakan rak atau etalase untuk memajang alat – alat tulis yang akan dijual. Susun dengan sangat rapi agar memudahkan pengunjung dalam menemukan barang yang dicari.

READ:  5 Tips Memulai Bisnis di Internet

3. Barang terlengkap

Walaupun usaha alat tulis kantor anda masih baru, tetapi upayakan agar isi toko anda sangat lengkap terutama untuk alat yang paling banyak dibutuhkan seperti pulpen, pensil, buku, penghapus, amplop, kertas. Semakin lengkap isi dari toko alat tulis anda maka perputaran modal akan cepat juga.

4. Kualitas barang

Dalam pemilihan jenis barang yang anda jual sebaiknya anda mencari barang yang berkualitas menengah ke atas. Jangan menjual alat tulis dengan kualitas kurang baik.

Walaupun nantinya anda membutuhkan lebih banyak modal tetapi hal ini demi membuat pelanggan anda merasa puas dan akan berkunjung kembali ke toko alat tulis anda.

5. Kerja sama dengan distributor besar

Lakukan kerja sama kepada distributor alat tulis yang besar agar anda bisa mendapatkan harga barang yang lebih murah. Dengan demikian keuntungan yang anda dapatkan bisa lebih optimal.

6. Tambah layanan jasa

Selain sebagai toko alat tulis, sebaiknya anda juga menambahkan beberapa layanan jasa seperti jasa print out, jasa pengetikan, atau jasa fotocopy.

Hal ini menjadi daya tarik pelanggan, sebab ketika mereka menggunakan jasa fotocopy atau pengetikan, biasanya mereka juga membutuhkan alat tulis. Jadi keuntungan anda bisa berlipat.

READ:  5 Rahasia Sukses Berbisnis Pulsa

Jika anda kesulitan membeli mesin fotocopy yang terbilang mahal, maka cobalah menggunakan alat fotocopy yang disewakan. Saat ini sudah banyak tempat penyewaan mesin fotocopy yang dapat membantu anda.

7. Harga yang sesuai

Pemberian tarif sebaiknya menyesuaikan dengan target pasar. Bila target anda adalah pelajar atau mahasiswa maka sebaiknya anda memasang harga atau tarif jasa yang lebih murah agar dapat menyesuaikan dengan kantong mereka.

Tetapi tarifnya akan sedikit lebih tinggi bila target pelanggan anda adalah karyawan atau umum.

**

Demikian 7 tips sukses berbisnis alat tulis kantor. Menjalankan bisnis alat tulis bukan perkara yang sulit bukan? Selamat berbisnis.

(foto : tokomanfaat.blogspot.com)