Bagaimana Cara Mengajarkan Tentang Seks Kepada Anak?

Loading...

Pendidikan seks untuk anakPendidikan seks untuk anak sebaiknya sejak dini diajarkan secara perlahan

Para orang tua biasanya malas dan malu bila membahas mengenai seks dengan anak-anak nya. Maka tak jarang pembicaraan mengenai seks dianggap tabu untuk dibicarakan. Oleh karena itu,anak-anak biasanya mencari tahu sendiri dari buku, majalah, internet maupun televisi. Namun bila anak-anak tersebut terlibat pergaulan bebas yang mengakibatkan mereka salah arah, siapa yang harus di salahkan? Karena mereka tak punya pendamping (orang tua) untuk mengetahui hal – hal tersebut.

Nah, pertanyaannya kemudian adalah usia berapa sebaiknya anak-anak mulai diajarkan mengenai pendidikan seks?

1. Mulailah dari sekarang

Mengajari anak mengenai seks tidak gampang. Mereka harus diajarkan secara pelan dan terus menerus diberikan informasi. Hal ini penting sebelum anak-anak mencari tahu sendiri dan mendapatkan sumber yang salah.

2. Sopan

Jangan memarahi mereka atau menegur dengan keras ketika mereka bertanya tentang seks. Tanyakan pada mereka apa yang mereka ingin tahu karena pada dasarnya anak-anak apalagi usia remaja rasa ingin tahu mereka sangat besar dan berikan jawaban seringkas mungkin namun mudah dimengerti. Katakan apa yang boleh dan tidak mereka lakukan.

READ:  5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

3. Ajari anak mengenai aturan-aturan dasar

Katakan pada anak bahwa kita harus bersikap sopan kepada orang lain dan tidak menyentuh bagian tertentu tubuh orang lain.

4. Jangan memaksa pembicaraan

Sebenarnya tidak ada aturan berapa usia yang tepat untuk mengajarkan mengenai seks pada anak-anak. Namun, kita harus tetap mencari waktu yang tepat untuk menyampaikan informasi mengenai seks kepada anak. Hal ini bergantung pada seberapa besar rasa ingin tahu anak tersebut. Sabarlah karena anak-anak pada awalnya akan merasa malu untuk bertanya. Untuk itu jangan memaksa dan biarkan proses belajarnya alami.

5. Pelajari perilaku anak

Awasi mereka. Mulai dari tontonan, bacaan dan kegiatan mereka sehari-hari. Tontotan negatif di televisi bisa merusak mental anak yang dapat menjuruskan anak ke perbuatan yang tidak sopan dan melanggar norma.

Bila Anda tetap merasa kesulitan, saat ini banyak disediakan di toko buku, CD dan buku yang khusus dipersiapkan untuk membantu Anda mengajari anak mengenai seks. Biasanya panduan tersebut di buat sesuai dengan usia anak. Dan jika anak Anda dianggap masih terlalu kecil untuk mengetahui hal tersebut, pakailah nama lain atau samaran untuk menyebutkan bagian-bagian penting dari tubuh manusia.

READ:  Minuman Sehat Untuk Anak-Anak

(photo: womansday.ninemsn.com.au)