Manfaat Teh Hijau Pada Masa Kehamilan

Loading...

Manfaat Teh Hijau di Masa KehamilanMengkonsumsi Teh Hijau di Masa Kehamilan

Selama masa kehamilan, biasanya wanita dilarang mengkonsumsi kopi dan teh yang mengandung kafein tinggi, serta nikotin (rokok) yang dapat meningkatkan resiko keguguran. Dalam situasi seperti ini, teh hijau merupakan solusi terbaik bagi peminum teh. Simak terus artikel berikut untuk mengetahui apa saja manfaat teh hijau bagi wanita selama masa kehamilan yang dikutip dari onlymyhealth.com.

Teh hijau merupakan alternatif terbaik kedua setelah jus buah segar. Hal ini juga membantu proses penurunan berat badan dalam tubuh dan menstabilkan kasus kolesterol tinggi pada wanita hamil. Epigallocatechins atau EGCG dan catechin, bahan alami dan komponen aktif yang ditemukan dalam teh herbal dan teh hijau akan membuat tingkat gula darah dalam tubuh kembali normal.

Di masa kehamilan, wanita akan melepaskan hormon dalam tubuh yang menyebabkan fluktuasi kadar insulin dalam tubuh. Hal ini dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi teh hijau.

Folat, vitamin yang larut air, ditemukan dalam teh hijau. Hal ini membuat teh hijau mengandung suplemen tambahan untuk vitamin B sehingga mengurangi kemungkinan cacat lahir pada bayi yang baru lahir. Selain folat, teh hijau merupakan sumber yang paling alami dari zat besi, kalsium dan magnesium.

READ:  10 Fakta Gila Tentang Psikopat

Antioksidan juga dapat mendetoksifikasi tubuh, namun konsumsi teh hijau harus dibatasi bagi wanita hamil. Dalam satu cangkir teh hijau terkandung sekitar 15-16 mg kafein, jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan kafein teh hitam biasa, yaitu sekitar 100 sampai dengan 150 mg kafein.

Teh hijau dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang agar tetap sehat dan kehamilan tahan dari penyakit. Selain itu, teh hijau dapat melindungi terhadap kuman dan bakteri.

Teh hijau juga merupakan obat penawar yang baik untuk memerangi infeksi gusi. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi teh hijau selama periode kehamilan.

(photo: youqueen.com)