Tips dan Cara Menanam Tomat di Pekarangan Rumah

Loading...

tanaman tomat

Bagi Anda yang ingin menanam tomat di pekarangan rumah, bersyukurlah karena rupanya tanaman tomat dapat tumbuh hampir di mana saja.

Tapi seperti halnya tanaman sayur atau buah-buahan yang lain, tomat juga perlu diberikan perhatian ekstra. Diperlukan sinar matahari yang memadai, air yang cukup dan tentu saja kesabaran yang tinggi karena tomat memerlukan waktu yang lama untuk tumbuh.

Berikut ini adalah tips yang bisa membantu Anda untuk menanam tomat:

Jangan tanam bibit dalam jumlah yang banyak

Jika Anda memulai dari bibit tomat, pastikan untuk memberi ruang yang cukup untuk pertumbuhan bibit tersebut. Jangan sampai ruang yang sempit menghambat pertumbuhan mereka.

Lalu ketika daun pertama mulai tumbuh, pindahkanlah ke dalam pot yang berukuran 4 inchi dua minggu kemudian.

Berikan sinar matahari yang memadai

Bibit tomat memerlukan sinar matahari langsung, jadi sebaiknya ditempatkan di bagian terluar dari pekarangan Anda. Atau tempatkan bibit tersebut dibawah cahaya lampu selama 14-18 jam. Jarak lampu dan bibit tomat harus dekat.

READ:  Persiapan Anak Masuk Sekolah Dasar

Pasanglah kipas di dekat bibit tomat Anda

Tanaman tomat membutuhkan tiupan angin untuk bergerak dan bergoyang agar batangnya tumbuh kuat. Letakkan kipas angin yang dapat memutar di dekat tanaman tomat Anda dan biarkan mereka bergoyang selama 5 hingga 10 menit.

Lakukanlah hal tersebut dua kali sehari.

Panaskan tanah di pekarangan Anda

Tanaman tomat menyukai hawa panas. Maka dari itu beberapa minggu sebelum menanam tomat, cobalah untuk menutupi tanah di pekarangan Anda dengan menggunakan plastik berwarna merah atau hitam.

Tambahan hawa panas ini dapat membantu tomat berbuah lebih cepat.

Potong daun paling bawah

Setelah tanaman tomat tumbuh sekitar 3’ potonglah bagian daun paling bawah. Daun pertama itu biasanya dapat mengembangkan masalah jamur.

Posisinya yang berada di bawah membuatnya tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, selain itu patogen dari tanah juga dapat dengan mudah memercik ke arah daun tersebut.

Penyemprotan mingguan dengan teh kompos tampaknya cukup efektif untuk menangkal jamur.

Berikan air yang cukup dan teratur

Air yang cukup sangat penting bagi pertumbuhan tanaman tomat. Siram tanaman tersebut secara teratur. Ketika buah mulai matang, kurangi asupan air agar kandungan gula dalam tomat dapat berproses sempurna.

READ:  Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Jika Anda memberikan terlalu banyak air, tanaman akan menjadi stress dan pada akhirnya layu.

Silahkan memetik buah tomat merah yang segar

Setelah melakukan tips-tips di atas dengan benar, yang perlu Anda lakukan hanyalah menunggu tomat Anda matang dengan sempurna.

**

Demikianlah tips dan cara menanam tomat di pekarangan rumah. Tomat yang Anda tanam sendiri akan terasa lebih nikmat karena di dalamnya terdapat kesabaran yang tinggi dan kasih sayang yang berlimpah.

Selamat menanam.

(foto: seed-nursery.com)