4 Kandungan Daun Sirih Yang Sangat Bermanfaat

Loading...

manfaat-daun-sirihDaun sirih

Sirih  adalah salah satu tanaman asli Indonesia dan memiliki aroma yang khas. Tanaman ini tumbuh merambat dan menempel pada batang pohon lain, sirih dapat tumbuh merambat hingga 15 m.

Daun sirih memiliki bentuk jantung dengan ujung yang lancip, warnanya ada yang hijau dan ada juga yang berwarna merah.

Tanaman sirih yang memiliki nama latin Piper betle ini, sejak dahulu sudah sering digunakan masyarakat Indonesia sebagai tanaman obat, terutama pada bagian daunnya.

Da beberapa daerah, wanita-wanitanya masih mengunyah daun sirih bersama kapur dan pinang atau nginang. Efek yang didapatkan adalah gigi mereka kuat dan sehat bahkan hingga mereka menua.

Manfaat populer lainnya dari daun sirih adalah digunakan untuk menghilangkan bau badan dan membasuh bagian kewanitaan.

Nah apa saja kandungan yang terdapat pada daun sirih?

1. Mengandung minyak terbang (betlephenol)

Pada bagian daun sirih ternyata mengandung minyak terbang atau oil fly (betlephenol) yang berfungsi untuk mematikan kuman, anti jamur, dan bersifat antioksidan.

READ:  7 Manfaat Wortel Bagi Tubuh

2. Mengandung senyawa fitokimia

Senyawa fotokimia adalah senyawa yang terdapat pada daun sirih yang memberikan rasa, aroma dan warna pada tumbuhan tersebut.

Jenis senyawa yang terkandung di dalam daun sirih adalah alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Senyawa fotokimia bagi manusia berfungsi untuk menangkal racun, merangsang sistem pertahanan tubuh,dan bersifat anti kanker.

3. Mengandung vitamin C

Banyak masyarakat Indonesia mengunyah daun sirih untuk mengobati penyakit sariawan. Hal ini disebabkan di dalam daun sirih mengandung vitamin C.

4. Mengandung Riboflavin

Kandungan Co- enzim Riboflavin di dalam daun sirih dapat digunakan mengobati kelelahan mata (mata merah) dan mengatasi jerawat.

**

Itulah  zat yang terkandung pada daun sirih. Jika melihat kandungan zat dan manfaatnya untuk kesehatan, tak heran bila tanaman ini menjadi salah satu jenis tanaman obat yang populer dan dicari-cari.

(Foto : manfaatdaunsirih.com)