6 Kandungan Gizi Tempe Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Loading...

manfaat tempeTempe

Tempe adalah salah satu makanan asal Indonesia. Dibuat turun temurun dari resep nenek moyang kita. Patut kita banggakan karena tempe telah mendunia hingga ke benua Amerika dan Afrika.

Tempe dibuat dari fermentasi kedelai dengan jamur Rhizopus oligosporus. Harga sepotong tempe tidaklah terlalu mahal mulai dari 3.000 rupiah hingga 5.000 rupiah, maka tak heran jika tempe menjadi makanan rakyat yang mudah diperoleh.

Walaupun harga tempe tidak mahal seperti makanan populer lainnya, ternyata tempe memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak orang yang kemudian mengkonsumsi tempe tanpa menyadari manfaat kesehatan dari tempe.

Nah apa saja kandungan yang terdapat di dalam tempe?

1. Mengandung protein nabati

Tempe adalah sumber protein nabati yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh manusia. Protein nabati lebih bermanfaat bagi manusia ketimbang protein hewani.

Jika manusia mengonsumsi banyak protein nabati maka ia bisa terbebas dari penyakit jantung dan diabetes. Selain itu protein nabati merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan manusia.

READ:  Tips Sehat untuk Penderita Diabetes

2. Mengandung serat pangan

Serat pangan atau biasa dikenal sebagai serat diet yang terkandung di dalam tempe dapat bermanfaat bagi tubuh untuk menstabilkan kadar gula darah, membantu BAB secara teratur, dan menurunkan resiko terkena kanker usus.

3. Mengandung kalsium

Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang ditakuti oleh wanita sebab wanita sangat rentan sekali terkena penyakit osteoporosis. Tempe mengandung kalsium yang berfungsi mencegah osteoporosis.

4. Mengandung zat besi

Di dalam 100 gram tempe ternyata mengandung 4 mg zat besi. Zat besi memiliki banyak peran yang sangat penting bagi manusia seperti membantu menyembuhkan anemia, membantu metabolisme energi dalam tubuh serta meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Mengandung antioksidan

Tempe mengandung antioksidan yang merupakan senyawa penting yang dapat melindungi sel dari efek radikal bebas yang membahayakan.

6. Mengandung fosfor

Di dalam 100 gram tempe mengandung sekitar 326 mg fosfor. Fosfor sangat berguna bagi kesehatan manusia karena dapat menjaga ginjal dalam kondisi normal serta membantu memelihara lesehan tulang dan gigi.

READ:  Putih Telur Dapat Menurunkan Tekanan Darah

**

Demikianlah 6 kandungan gizi tempe yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Karena nilai gizi tempe yang sangat tinggi maka tak heran jika banyak orang menjadikan tempe sebagai makanan pengganti daging. Tentu saja Anda juga harus memperhatikan cara pengolahan tempe agar manfaatnya diperoleh secara maksimal.

(foto : food.detik.com)