5 Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Loading...

tips hidup sehat

Banyak sekali perilaku kita yang memiliki resiko atau konsekuensi jangka panjang yang merusak.

Pola dan kebiasaan hidup yang tidak baik, seperti kebiasaan merokok, minum dan terlibat dalam hubungan antarpersonal yang melelahkan hingga memicu stress. Kesehatan harus dijaga karena harganya mahal dan banyak kesempatan dalam hidup Anda.

Lima tips dan cara menjaga kesehatan, yaitu:

1. Air Putih dan Pola Makan

Minum lebih banyak air putih dan makan dengan pola yang benar. Manusia dewasa harus minum minimal 8 gelas air per hari. Air putih bermanfaat membuang racun dari dalam tubuh. Air yang cukup menopang metabolisme di dalam tubuh.

Selain dari air putih, air dapat diperoleh dari makanan kaya air, seperti buah-buahan. Jangan sering minum air bersoda karena merusak organ di dalam tubuh, seperti tulang dan gigi.

Sarapan pagi seharusnya dimulai dengan bahan makanan organik, yakni buah-buahan. Jam sarapan pagi berkisar dari jam 04.00 – 11.00. Makanan utama (karbohidrat dan protein) sebaiknya dikonsumsi dari jam 11.00-20.00.

Konsumsilah jus sayuran untuk memastikan tubuh Anda mendapatkan cukup asupan makanan bersifat basa. Jangan makan pada tengah malam karena Anda mengisi kalori yang tidak perlu dan dapat menganggu tidur Anda. Setelah pola makan stabil terbentuk, tubuh Anda akan merasa lebih nyaman.

READ:  Tips Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami

Bacalah lebih banyak cara makan sehat dan benar (food combining) agar Anda mengetahui lebih banyak fakta mengenai cara makan sehat.

Jika Anda terpaksa bekerja pada jam shift 3, pastikan Anda meminum jus wortel murni pada jam 11 malam dan jam 3 pagi. Jika Anda lapar, makanlah buah-buahan yang mengenyangkan, seperti apel, pisang dan melon.

Sebaiknya pelajarilah bagaimana cara memasak. Memasak makanan sendiri memiliki kelebihan. Anda dapat mencoba resep yang berbeda sambil berhemat. Biaya makan di warung atau di restaurant lebih mahal ketimbang memasak sendiri.

Dan yang paling penting, Anda dapat memastikan kandungan segar dan bergizi serta tidak mengandung MSG pada bahan makanan yang Anda masak. Jika Anda sangat sibuk dan sulit memasak makanan sendiri, sempatkanlah tiga hari dalam seminggu untuk memasak makanan sendiri. Anda harus ekstra hati-hati jika makan makanan di luar.

2. Olahraga Cukup

Olahraga yang cukup tidak harus dilakukan dengan latihan fisik yang berat. Jogging selama 15 menit atau jalan cepat selama 30 menit pada pagi hari sudah cukup untuk membuat tubuh Anda bugar.

READ:  Manfaat Buah Peach bagi Kesehatan

3. Kualitas Tidur

Ketika Anda tidur, tubuh Anda memproduksi sel-sel yang melawan infeksi, peradangan dan stres. Tidur yang berkualitas berlangsung antara jam 10 malam sampai jam 06 pagi.

Kekurangan tidur dapat menyebabkan Anda rentan terkena penyakit dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih dari sakit.

Jika Anda pernah terkena penyakit tipus, Anda harus ekstra hati-hati dalam soal tidur. Tidur yang buruk, akan membuat penyakit tipus Anda mudah datang kembali.

4. Kebersihan Tubuh dan Lingkungan

Seringlah cuci tangan sehabis dari toilet. Bawalah tisu sendiri ketika menggunakan toilet umum. Sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Ganti sikat gigi Anda setiap tiga bulan sekali. Cuci kaki sebelum masuk ke rumah atau kamar.

Bersihkan rumah dan lingkungan Anda secara rutin. Pastikan ruangan rumah Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup.

5. Keseimbangan Emosional

Stres sangat cepat memicu penyakit, bahkan dalam kondisi tubuh cukup asupan gizi dan nutrisi. Keseimbangan emosional dapat ditemukan dalam hubungan antarpribadi yang sehat.

READ:  5 Bahaya Tidur di Malam Hari dengan Lampu Menyala

Jangan terlibat dalam kekacauan hubungan yang berlarut-larut. Pelajari bagaimana mengenali hubungan yang manipulatif (menipu) sehingga Anda bisa menghindarinya.

Jika Anda dalam suasana tertekan, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan sebanyak tiga kali. Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan psikolog jika mengalami masalah emosional yang serius.

**

Demikianlah 5 tips dan cara menjaga kesehatan tubuh. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan seorang profesional dalam bidang kesehatan jika Anda mengalami penyakit serius.

(foto: happyhealthyweightloss.com)