Cara Menjaga Gigi Tetap Putih dan Sehat

Loading...

cara mudah menjaga gigi putih

Kebiasaan buruk mengkonsumsi bahan makanan dan minuman yang mengandung zat asam dapat membuat gigi berubah warna menjadi berwarna kuning dan jika dibiarkan gigi akan cepat rusak.

Hal ini terjadi karena zat asam mengotori dan mengerosi gigi kita. Bahkan mereka yang mengkonsumsi makanan sehat cenderung tidak bisa menghindari zat asam yang menyebabkan gigi menjadi kuning.

Penyebab masalah gigi antara lain:

  • Mengkonsumsi makanan yang manis-manis yang terbuat dari gula buatan. Ingat, gula alami yang kaya fruktosa hanya terdapat dalam buah-buahan yang telah matang dan madu.
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol, kopi, teh, susu, jus buah buatan, soda dan minuman/makanan yang mengandung cuka.
  • Keseringan makan buah dan sayuran sepanjang hari.
  • Pola makan salah atau tidak seimbang. Tidak mengkonsumsi bahan makanan yang dapat mengimbangi keasaman buah-buahan, seperti kacangan-kacangan. Jadi, Anda juga perlu makan kacang-kacangan.
  • Mengkonsumsi makanan ringan yang bersifat asam.

Jika Anda peduli pada warna gigi Anda berikut 5 cara untuk melindungi gigi Anda dan keluarga Anda dari zat asam:

READ:  10 Gaya Sanggul untuk Rambut Pendek

1. Minuman Mengandung Zat Azam

Kurangi minuman yang mengandung zat asam. Kurangi atau hilangkan menu minuman soda, kopi, teh, susu, jus kalengan, dan alkohol.

Jika Anda penggemar kopi atau teh, maka seusai minum kopi atau teh, minumlah air putih. Banyak sekali minuman yang tidak sehat untuk gigi, bahkan tidak sehat untuk seluruh tubuh kita.

Beberapa minuman seperti soda, susu dan jus kalengan memang terasa manis, namun kandungan gula buatan yang sangat tinggi justru merusak gigi.

2. Minuman Organik

Konsumsi minuman organik seperti jus buah-buahan dan sayuran. Sempatkan mengemil buah-buahan pada pagi hari, sebelum makan atau saat perut Anda kosong.

Pastikan buah-buahan yang Anda konsumsi adalah buah-buahan yang telah matang atau manis.

3. Ngemil

Hindari makan atau mengemil sepanjang hari. Seharusnya, kita makan sebanyak tiga kali sehari, yakni sarapan pagi, makan siang dan makan malam.

Mungkin Anda adalah orang yang selalu merasa lapar, terutama di saat jam antara makan siang dan makan malam. Anda bisa menyiasati kelaparan Anda dengan minum jus wortel atau makan kacang-kacangan ketika merasa lapar.

READ:  7 Langkah Murah dan Alami Putihkan Gigi

4. Menyikat Gigi

Jangan langsung sikat gigi Anda setelah makan. Jika Anda menyikat gigi setelah makan, maka zat asam justru semakin menyebar ke gigi Anda.

Setelah makan, sebaiknya minum air putih. Dan sikatlah gigi Anda satu jam setelah makan.

Berkumurlah dengan baking soda. Larutlah satu sendok makan di dalam satu gelas air. Berkumurlah dengan air bersih, lalu berkumurlah dengan air baking soda.

5. Menggunakan Sedotan

Gunakan sedotan ketika minum minuman yang mengandung zat asam. Jika Anda minum jus buah atau soda, gunakanlah sedotan agar minuman tersebut tidak menyentuh gigi Anda.

Tapi, langkah ini bukan solusi utama. Cara terbaik menjaga gigi Anda dari zat asam adalah dengan mengurangi konsumsi minuman bersoda dan jus buah buatan.

**

Dengan 5 cara mudah menjaga gigi tetap putih dan sehat di atas, Anda dapat menjaga gigi Anda agar tetap putih bersinar. Semoga bermanfaat.

(foto: Tetra Images/Getty Images)