7 Cara Memulihkan Kesehatan Setelah Sakit

Loading...

memulihkan diri dari sakit

Ketika Anda sakit, banyak hal yang tidak bisa Anda lakukan. Anda tidak bisa bekerja dan tidak dapat bepergian (hangout) bersama teman-teman. Tidak ada seorang pun yang suka sakit, apalagi jika dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu, ikutilah langkah-langkan di bawah ini untuk mempercepat pemulihan kesehatan dari sakit.

1. Makanlah Makanan yang Sehat

Makanan yang buruk dapat memperparah penyakit Anda. Tidak jarang Anda sakit justru karena makanan yang tidak sehat, kekurangan vitamin dan mineral.

Makanlah makanan sehat, seperti buah dan sayuran ketika Anda sakit. Utamakan buah-buahan manis yang mengandung vitamin C, seperti apel, jeruk dan nenas.

Jika Anda ingin pulih dari penyakit tipes dengan cepat, cobalah untuk minum jus nenas manis tanpa gula dan susu setiap pagi.

2. Minum lebih banyak air putih

Manusia dewasa memerlukan minimal 8 delapan gelas per hari. Artinya, bisa saja mengonsumsi air putih lebih banyak.

Air putih menjaga Anda dari kekurangan cairan. Selain itu, air putih juga membantu membersihkan tubuh dari zat-zat racun (detoksifikasi).

READ:  5 Masalah Kulit Pada Masa Kehamilan

3. Pertahankan Suhu Badan Anda Tetap Hangat

Gunakan pakaian tebal, seperti sweater. Pakailah selimut dan meringkuk di dalamnya.

Minum teh panas atau makan sup panas juga membantu Anda tetap hangat dan sekaligus menenangkan tenggorokan Anda.

Jangan gunakan kipas angin atau Air Conditioner (AC) ketika Anda tidur. Suhu yang dingin membuat kuman, bakteri dan virus betah berlama-lama di dalam tubuh Anda.

4. Minum Obat

Minumlah obat-obatan untuk penyakit Anda, apalagi jika penyakit Anda disebabkan oleh bakteri, maka Anda harus mengkonsumsi antibiotik.

Berobatlah ke dokter agar mendapatkan resep obat-obatan yang sesuai untuk menyembuhkan penyakit yang Anda derita. Anda sebaiknya minum obat 30 menit setelah makan untuk menjaga lambung tetap sehat.

5. Gunakan Masker

Gunakanlah masker, terutama ketika Anda melakukan kontak dengan orang lain. Jagalah orang lain agar tidak terlular penyakit Anda.

Jika Anda keluar rumah, pakai masker untuk melindungi Anda dari debu dan bakteri yang menyebar lewat udara. Masker juga menjaga pernapasan Anda tetap hangat.

READ:  Nikmatnya Secangkir Teh Lidah Buaya

6. Istirahat yang cukup

Anda harus mendapatkan istirahat tidur selama 8-9 jam. Pastikan Anda tidur pada pukul 22.00 – 04.00 karena saat itulah kualitas tidur terbaik.

Pada saat tidur, tubuh kita menghasilkan zat-zat yang melawan kuman dan infeksi. Anda juga harus mengambil waktu 2-3 jam untuk tidur pada siang hari untuk memastikan tubuh Anda istirahat dengan cukup.

7. Hirup udara segar

Pergilah keluar rumah, duduk di teras untuk mendapatkan udara segar, terutama pada pagi hari. Anda juga bisa berjemur di bawah matahari pagi yang menyehatkan tulang.

Sinar matahari pagi mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D yang dibutuhkan tulang. Sinar matahari yang baik bagi tubuh, yakni pada saat baru terbit hingga jam 10 pagi.

Jika keadaan di luar dingin, pastikan Anda mengenakan jaket tebal agar tidak kedinginan, serta jangan terlalu lama berada di luar ruangan.

(foto: bollyberg.com)