Tips dan Cara Mengatasi Kecanduan Twitter

Loading...

cara mengatasi kecanduan twitter

Dalam mengikuti dunia Twitter, Anda harus selalu online dan sering memeriksa pembaruan beranda Twitter-nya. Tidak menutup kemungkinan jika Anda sedang menderita kecanduan Twitter.

Kecanduan adalah istilah yang sering digunakan ketika seseorang tergantung pada sesuatu. Dalam kasus kecanduan Twitter, dalam seharian Anda harus berkicau atau mengikuti kicauan (tweets) teman Anda di Twitter.

Jika tidak, Anda merasa kehilangan, tidak bahagia dan merasa gelisah. Apalagi saat Anda berada di lokasi yang tidak mungkin mengakses Twitter, seperti di daerah tanpa signal internet.

Apakah Anda adalah salah seorang pecandu Twitter dan ingin berhenti? Jika Anda merasa terlalu banyak menghabiskan waktu untuk Twitter di atas batas wajar dan ingin mengontrol kebiasaan ini, berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Mengenali Kecanduan

Kenali kecanduan Twitter pada diri Anda. Anda dikategorikan kecanduan apabila Anda merasakan Tweeting lebih menyenangkan dari apapun.

Anda membagikan segala perasaan dan kejadian di Twitter, Anda geram ketika tidak bisa mengakses Twitter, pekerjaan Anda menumpuk karena terlalu banyak menghabiskan waktu untuk Twitter, dan hubungan Anda di kehidupan nyata memburuk karena Anda jarang meluangkan waktu dengan pasangan atau teman Anda lagi.

READ:  Profil Twitter Terbaru Tersedia Pada Tanggal 12 Desember

2. Fokus Mengatasi Kecanduan

Jika Anda telah menyadari diri Anda kecanduan Twitter, fokuslah untuk mengatasi kecanduan tersebut pada kehidupan nyata.

Anda jangan membagikan pikiran Anda yang ingin mulai mengurangi atau menghentikan kecanduan tersebut di Twitter. Janganlah membuat kicauan seperti ini: “Saya terlalu banyak menghabiskan waktu di Twitter dan ingin berhenti.”

Yakinlah respon teman-teman Twitter Anda akan menggagalkan upaya Anda untuk bebas dari kecanduan Twitter. Mereka akan bertanya sebab Anda ingin berhenti dan tidak merelakan Anda berhenti berkicau.

3. Merencanakan Waktu

Rencanakan waktu Twitter Anda, yakni pada jam berapa dan berapa lama? Pastikan waktu yang Anda pilih bukan pada jam belajar atau jam kerja. Hal ini berat, sebab Twitter menarik orang karena spontanitasnya.

Anda harus mulai mengurangi waktu Twitter dengan cara menanggapi Tweet yang paling penting dan memiliki dampak besar bagi Anda.

4. Menghindari Layanan Twitter

Singkirkan segala bentuk layanan yang mendekatkan diri Anda dengan Twitter, seperti Tweetie, TwitterBerry, TweetDeck, Twitterfon, PocketTweets, atau ceTwit dan lainnya.

READ:  5 Tips Menggunakan Jejaring Sosial Facebook

Pikirkan kemungkinan menginstall program yang memblokir layanan Twitter pada komputer Anda.

5. Mengerjakan Hobi Lain

Kerjakanlah hobi atau kegiatan lain, seperti menonton TV, membaca bahan ujian, berlibur, berbelanja, dan sebagainya.

Berusahalah menikmati kegiatan-kegiatan yang Anda kerjakan di dunia nyata. Jika Anda senang menonton TV, mungkin Anda bisa menonton film-film terbaru bersama keluarga.

Jika Anda senang berbelanja, Anda bisa menyibukkan diri berjalan-jalan melihat produk-produk baru yang ditawarkan di pusat perbelanjaan. Fokuslah pada orang dalam kehidupan nyata Anda dengan berkomunikasi dan berbagi bersama mereka.

6. Berhenti Sama Sekali

Jika Anda adalah pecandu berat yang merasa tidak bisa berhenti, mungkin sebaiknya Anda berhenti sama sekali.

Kemenarikan Twitter adalah kicauan (tweet) yang saling berbalas-balasan. Jika Anda berkicau, pengguna lain akan membalas kicauan Anda, dan secara spontan Anda menjadi tidak tahan untuk tidak membalas kembali kicauan teman Anda.

Maka, lebih baik Anda berhenti sama sekali.

(foto: likeable.com)