5 Cara Alami Berhenti Merokok

Loading...

tips berhenti merokok

Ada lebih dari 7.000 bahan kimia, termasuk lebih dari 60 karsinogen yang diketahui menyebabkan kanker dalam asap tembakau, kata American Cancer Society (ACS).

Daun tembakau yang digunakan dalam produksi rokok mengandung bahan radioaktif yang dapat menumpuk di paru-paru dan mengakibatkan persentase radiasi yang tinggi dalam tubuh yang dapat mempengaruhi seorang perokok dengan kanker.

Berikut adalah 5 cara alami yang telah terbukti secara ilmiah dapat membantu paru-paru Anda bernapas sedikit lebih mudah, dilansir dari Medical Daily.

1. Akupuntur

Akupuntur dapat memberikan meringankan gejala yang berhubungan dengan penarikan dari nikotin seperti, gugup, gelisah dan lekas marah. Gejala penarikan yang lebih buruk dalam minggu pertama berhenti dan intensitas gejala turun selama bulan pertama, kata National Cancer Institute (NCI).

“Salah satu cara alami dan bebas narkoba yang paling efektif untuk berhenti merokok adalah melalui akupunktur” kata Allison Bailey, ahli akupunktur terlatih dari Harvard. “Bentuk terapi ini sangat efektif untuk mengobati semua jenis kecanduan, termasuk untuk berhenti merokok.”

Akupuntur bekerja dengan meningkatkan kadar serotonin dalam plasma dan jaringan otak, temuan penelitian yang dilakukan di Kyoto Prefectural University of Medicine di Jepang.

READ:  Permen Karet Nikotin, Apa itu?

American Journal of Medicine menemukan bahwa perokok yang menerima akupuntur nyata lebih dari tiga kali lebih mungkin untuk tidak merokok dalam jangka waktu enam bulan sampai satu tahun.

2. Hipnoterapi

Hipnoterapi, suatu bentuk psikoterapi, adalah cara yang ampuh untuk melepaskan kebiasaan buruk, sampai ke inti dari pemicu yang dapat berafiliasi dengan emosi Anda dan menjelajahi kesadaran Anda.

Melalui meditasi, visualisasi, musik dan tarikan napas, bentuk terapi ini akan menempatkan Anda dalam keadaan tidak sadar diri, kata Mayo Clinic.

Hipnoterapis akan berbicara dengan Anda melalui proses ini yang akan mengirimkan ke alam bawah sadar Anda untuk meningkatkan motivasi Anda untuk berhenti merokok dan mengubah kebiasaan merokok sebelumnya.

Citra atau visualisasi umumnya digunakan dalam hipnoterapi bagi perokok yang ingin menghentikan kebiasaan itu.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di San Francisco VA Medical Center dan University of California-San Francisco, peneliti menemukan bahwa hipnoterapi sama efektifnya dengan metode konvensional untuk berhenti merokok. H

asil penelitian menunjukkan bahwa hipnosis sangat membantu bagi perokok yang memiliki riwayat depresi atau berjuang dengan kondisi kejiwaan lainnya.

READ:  Rokok Elektronik, Berbahayakah?

3. Meditasi

Praktek meditasi dapat memberikan jalan bagi seorang individu untuk mengakses dirinya dalam keadaan dingin, tenang dan menguasai diri.

Tekanan psikologis dan stres yang dijalani bekas perokok selama beberapa minggu pertama penarikan dapat dikontrol melalui meditasi.

Meditasi dapat membantu orang berhenti merokok dan mendorong mereka untuk memulai kebiasaan sehat seperti berolahraga, mengubah pola makan dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Keterampilan kognitif ini dapat membantu mengatur keinginan, gejala penarikan, stres dan emosi negatif dari merokok.

4. Pijatan

Pijatan sederhana yang dilakukan sendiri di telinga atau tangan dapat mengurangi ketagihan nikotin untuk merokok. Menyentuh telinga atau tangan dapat membantu menenangkan pikiran dan menghilangkan keinginan karena mereka merupakan mikrosistem yang mewakili seluruh tubuh.

Sebagai contoh, suatu kondisi medis yang ada di tubuh Anda dapat diobati dengan menggunakan beberapa titik dalam satu mikrosistem, kedua telinga atau tangan Anda.

Para peneliti dari University of Miami School of Medicine menemukan bahwa mereka yang melakukan pijatan sendiri memiliki kecemasan yang lebih rendah, memperbaiki suasana hati, gejala penarikan lebih sedikit dan merokok semakin berkurang per hari dibandingkan dengan rekan-rekan mereka.

READ:  Efek Samping Penggunaan Permen Karet Nikotin Jangka Panjang

Dua menit pijatan di kedua mikrosistem dapat mengurangi keinginan Anda dan membuat Anda merasa nyaman.

5. Berbicara

Ternyata duduk dan berbicara dengan dokter Anda dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk berhenti merokok.

Cara Citrowske, spesialis pengobatan tembakau bersertifikat sekaligus pendiri Kick It Catalyst, mengatakan: “Cara alami terbaik untuk berhenti merokok adalah bermitra dengan profesional, seperti spesialis pengobatan tembakau bersertifikat, yang dapat membantu Anda membuat rencana keberhasilan pribadi untuk hidup bebas tembakau.”

Penguatan verbal yang positif dari dokter dan tekad pasien untuk berhenti dapat menjadi senjata yang ampuh.

(foto: telegraph.co.uk)