Mengenal Alopecia dan Penyebab Kebotakan

Loading...

Alopecia

Apa itu Alopecia

Alopecia adalah istilah medis untuk rambut rontok. Ada beberapa jenis rambut rontok yaitu karena terjadi secara alami atau umur atau bisa juga disebabkan karena penggunaan obat-obatan yang berlebihan.

Rambut rontok kebanyakan dialami oleh para pria yang pada akhirnya akan menyebabkan kebotakan. Hal ini biasanya disebabkan karena efek dari hormon yang disebut dengan alopecia androgenetic atau karena hormon seks laki-laki.

Kebotakan juga terjadi karena pertambahan usia, tetapi tidak menutup kemungkinan semua usia dapat mengalaminya.

Rambut rontok terjadi karena jaringan parut alopecia luka atau yang disebut alopecia areata  pada bagian folikel hancur dan akhirnya menyebabkan rambut tidak akan tumbuh kembali di daerah yang luka tersebut.

Jenis Rambut Rontok

Jenis lain kerontokan rambut yaitu:

  1. Anagen effluvium yaitu rambut rontok yang terjadi lebih luas sehingga menyebabkan rambut dan kulit kepala terpisah. Hal ini paling sering disebabkan karena kemoterapi kanker.
  2. Telogen effluvium  yaitu penipisan rambut di seluruh tubuh sehingga menyebabkan rambut tidak akan tumbuh lagi atau biasa yang disebut dengan pitak. Ini mungkin akibat dari stres dari beberapa penggunaan obat.
READ:  5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Pengobatan

Untuk kebotakan yang terjadi pada pria, dapat diatasi dengan beberapa penggunaan produk kosmetik atau obat penyubur rambut. Beberapa obat-obatan seperti finasteride dan minoxidil dapat digunakan.

Minoxidil dapat digunakan untuk mengobati kebotakan pada perempuan. Untuk masalah kerontokan yang tergolong dalam Alopecia areata dapat diobati dengan steroid atau imunoterapi karena akan merangsang pertumbuhan rambut.

Rambut rontok dan alopecia juga dapat diobati dengan menggunakan metode bedah kosmetik. Penggunaan wig dan hair removal buatan juga dapat digunakan dimana wig dibuat dari bahan yang sintesis atau rambut asli.

Untuk cara yang lebih ekstrim, Anda dapat menggunakan metode bedah yaitu  transplantasi rambut, pengurangan kulit kepala, implan rambut buatan, tenun dan kloning alternatif bedah lainnya. Untuk pemilihan metode pengobatan rambut rontok, Anda dapat memilih berdasarkan keinginan sendiri tanpa paksaan.

Metode penyembuhan di atas pastinya memiliki efek karena itu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter pribadi Anda untuk mendapatkan pengarahan lebih lanjut.

(foto: cloudfront.net)