Mengenal Fakta Seputar Hipertensi

Loading...

fakta hipertensi

Hipertensi yaitu suatu kondisi medis yang kronis dimana tekanan darah di dalam arteri meningkat sehingga menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dari biasanya.

Hipertensi merupakan salah satu penyebab dari penyakit stroke, infark miokard (serangan jantung), gagal jantung, aneurisma dari arteri (misalnya aneurisma aorta), penyakit arteri perifer dan ginjal kronis.

Tekanan darah akan meningkatkan seiring dengan pertambahan umur. Hal ini dapat diperburuk oleh gaya hidup sehat yang sering kita jalani, misalnya tidak berolahraga, sering mengkonsumsi junkfood, sering begadang dan insomnia, merokok, minum-minuman beralkohol dan lain-lain.

Perubahan pola makan dan gaya hidup dapat meningkatkan kontrol tekanan darah dan mengurangi resiko hipertensi. Meskipun pengobatan seringkali dapat membantu tetapi untuk lebih efektif dapat dilakukan dengan perubahan pola hidup.

Sebelum Anda melakukan perubahan pola hidup, ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui mengenai hipertensi sehingga dapat menjauhkan Anda dari penyakit ini.

1. Periksa Tekanan Darah Anda

Salah satu kesalahan umum yang biasa orang-orang lakukan saat ini yaitu mereka hanya berpikir kalau hipertensi hanya terjadi pada orang yang sudah berumur atau lanjut usia tetapi sebenarnya semua usia dapat mengalaminya.

READ:  5 Cara Sederhana Turunkan Tekanan Darah

Contohnya, jika hipertensi sudah terjadi pada anak sejak lahir dapat berlaku seumur hidup. Karena itu sebaiknya periksakan tekanan darah Anda setiap pertambahan umur.

2. Motivasi Diri Anda

Jika Anda didiagnosis memiliki hipertensi, temukan beberapa motivasi untuk mengatasi hipertensi Anda. Mulailah dengan mendengarkan arahan dari dokter tentang pola makan dan gaya hidup sehat juga pantangan-pantangan yang harus dihindari.

Sebagai referensi, Anda juga dapat mencari dari beberapa sumber lain yang dapat menangani hipertensi Anda.

3. Ketahui Penyebab Hipertensi Anda

Mungkin banyak dari Anda yang tidak mengetahui mengenai hipertensi secara dalam. Anda dapat memulainya dengan mencari tahu apakah Anda memiliki hipertensi primer atau sekunder.

Hipertensi primer adalah jenis ireversibel tekanan darah tinggi yang terjadi karena resistensi insulin atau diabetes. Untuk hipertensi sekunder, biasanya disebabkan karena stres, bisa juga karena perubahan pola makan atau diet.

4. Perubahan Gaya Hidup

Sebelum hipertensi menjadi parah, Anda dapat mencegahnya terlebih dahulu dengan perubahan gaya hidup Anda misalnya dimulai dengan makanan yang dikonsumsi.

READ:  Selalu Merasa Mengantuk? Mungkin Ini Penyebabnya!

Saat menyantap makanan, usahakan untuk menyantap makanan yang memiliki kandungan rendah lemak, diet rendah sodium, berolahraga secara teratur, menghindari alkohol, tembakau dan kafein, serta mengurangi stres adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi tekanan darah Anda.

5. Hindari Obat Flu

Obat flu dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Jika Anda sudah memiliki hipertensi, obat-obat ini lebih lanjut bisa meningkatkan tekanan darah ke tingkat berbahaya, sehingga tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami stroke.

Jika Anda memiliki penyakit hipertensi, bicarakan pada dokter obat jenis apa yang sebaiknya digunakan untuk menghilangkan flu Anda.

**

Demikianlah 5 fakta mengenai hipertensi yang sebaiknya Anda ketahui. Hipertensi memang berbahaya, namun dengan menjalani pola hidup sehat dan mengetahui informasi yang berkaitan, dapat membantu Anda untuk meminimalkan resiko yang timbul. Semoga bermanfaat.

(foto: liputan6.com)