6 Tips Jitu Merapikan Koleksi Aksesoris

Loading...

merapikan perhiasanKalung mutiara

Wanita pasti tak jauh dari koleksi aksesorisnya. Mulai dari gelang, kalung, bros, kosmetik, hiasan rambut dan masih banyak lagi.

Seringkali karena jumlahnya yang selalu bertambah, beberapa koleksi aksesoris lama yang jarang terpakai terus tersimpan dan membuat kamar berantakan. Belum lagi jika kita kesulitan menemukan aksesoris yang ingin kita pakai.

Jika sedang terburu-buru, seringkali kita kesal apabila tidak menemukan pasangan anting andalan atau sekedar mengambil kalung karena terlilit kalung lainnya.

Bagi anda yang sudah cukup lelah karena kekacauan penyimpanan asesoris, berikut 6 urutan tips merapikan koleksi aksesoris yang dapat membantu anda:

1. Mulai memilah

Memilah koleksi aksesoris bukan urusan gampang, namun harus segera dimulai karena inilah step pertama yang amat penting. Pilahlah berdasarkan jenisnya terlebih dahulu. Yang mana perhiasan, kosmetik, parfum, kacamata, hingga benda-benda kecil lainnya seperti karet rambut.

Selagi melakukan poin yang satu ini, sebaiknya aksesoris juga dipilah berdasarkan kondisinya. Yang mana yang masih dan sering digunakan dan yang sangat jarang digunakan atau bahkan sudah rusak dan sudah sepatutnya dibuang.

READ:  Manfaat Madu untuk Ibu Hamil dan Janin

2. Memilah kembali berdasarkan jenisnya

Setelah memilah berdasarkan jenisnya, cobalah untuk memilah kembali berdasarkan bahan dan warnanya. Untuk perhiasan misalnya, pisahkan koleksi emas atau perak anda, agar tak tercampur dengan perhiasan berbahan lainnya seperti plastik,batu, kaca atau logam.

Hal ini dimaksudkan agar perhiasan emas anda tidak rusak karena bergesekan dengan bahan lain. Pisahkan juga kalung, gelang, bros dan anting-anting sehingga menjadi rapi.

Untuk kosmetik, pisahkan berdasarkan fungsinya. Lipstick, eye shadow, alas bedak, pemerah pipi sebaiknya tidak disimpan begitu saja secara tertumpuk di dalam satu box.

3. Memilah berdasarkan warna

Menyimpan berdasarkan warna akan membuat tampilah koleksi anda rapi dan cantik. Jika ada memiliki banyak koleksi pewarna kuku misalnya, akan terlihat chic jika disimpan sesuai warnanya.

Begitu juga untuk kosmetik dan perhiasan. Hal ini akan memudahkan anda mencari dan memadupadankan busana dengan aksesoris yang ingin anda kenakan.

4. Tempat menyimpan aksesoris

Saat ini banyak dijual berbagai jenis tempat untuk merapikan koleksi aksesoris anda. Mulai dari yang berbentuk kotak dengan warna-warna indah, rak kayu dengan laci berjumlah banyak, atau tempat-tempat khusus untuk aksesoris yang perlu digantung seperti tali pinggang.

READ:  Teknik Merawat Perhiasan Mutiara Agar Tetap Berkilau

Tak hanya itu, jika anda berjiwa kreatif, cobalah membuat sendiri tempat aksesoris anda. Banyak video di internet yang menunjukkan cara membuat tempat aksesoris dari kotak sepatu bekas, kaleng, bahkan tas yang sudah tak terpakai.

Karena konsep DIY (do it yourself) sedang tren, jangan lewatkan untuk berkarya dengan ide-ide anda.

Meletakkan asesorispun ada caranya. Untuk asesoris yang sering anda gunakan, dapat diletakkan dekat dengan cermin anda atau di bagian depan dalam laci atau kotak. Untuk yang jarang terpakai, dapat anda letakkan lebih di belakang atau sedikit tersembunyi.

5. Label nama

Yang satu ini tak ada salahnya untuk dicoba. Jika anda memiliki banyak aksesoris dan menyimpannya di tempat yang tertutup seperti kotak dengan tutupnya maupun laci, dengan menulis atau membuat label nama aksesoris di dalamnya, akan memudahkan anda dalam mencari.

Dengan tulisan-tulisan yang cantik, tempat koleksi aksesoris andapun akan tampak semakin indah.

6. Jual atau berikan

Untuk aksesoris yang sudah jarang atau sama sekali tak terpakai, dapat anda jual kembali atau berikan kepada teman anda maupun orang yang membutuhkan. Banyak sekali model aksesoris kuno yang saat ini kembali menjadi tren.

READ:  Tips Memilih Aksesoris untuk Pakaian Putih

Bahkan bagi anda yang memiliki kreativitas tinggi, beberapa aksesoris seperhi perhiasan dapat dipermak kembali dan menjadi perhiasan berbentuk lain yang unik. Siapa tahu anda dapat menjualnya dengan sukses?

**

Demikian 6 tips dan cara merapikan koleksi aksesoris. So, jangan ragu lagi untuk memulai merapikan koleksi aksesoris anda. Jangan terkejut jika kamar anda terlihat jauh lebih indah dengan koleksi aksesoris yang tersusun rapi.

(foto: all-free-download.com)