7 Kiat Membangun Bisnis Souvenir Pernikahan yang Sukses

Loading...

suvenir pernikahan

Bisnis kerajinan tangan tergolong populer di Indonesia. Di samping banyak peminat, hal itu juga dikarenakan ketersediaan bahan baku yang melimpah buah dari kekayaan sumber daya alam di negeri ini.

Ditambah lagi, variasi kerajinan tangan kian beragam dengan adaptasi handycraft luar negeri yang dipermudah keberadaan internet sebagai sumber inspirasi dan pembelajaran.

Kesadaran menciptakan atau menggunakan green product turut pula ambil bagian dalam menyuburkan bisnis ini sehingga memacu kreativitas para pengrajin untuk memanfaatkan bahan-bahan daur ulang menjadi barang-barang bernilai ekonomis.

Momen pernikahan sebagai target pasar

Di antara keberagaman dan semakin maraknya bisnis ini, terdapat satu peristiwa khusus yang menjadi incaran usaha kecil dan menengah. Momen yang tak pernah surut dari kehidupan masyarakat yakni pernikahan.

Peristiwa yang menandakan kesiapan sepasang individu dalam masyarakat menjalani kehidupan bersama dalam bahtera rumah tangga. Pelaksanaan yang biasanya formal dan seringkali meriah menjadikannya salah satu target pasar yang prospektif, khususnya bagi bisnis kerajinan tangan tingkat kecil dan menengah yang lebih fleksibel dalam menangani permintaan pelanggannya akan variasi produk.

Bisnis souvenir pernikahan sebagai spesialis celah pasar

Tak mengherankan bila persaingan dalam segmentasi ini cukup ketat, mulai dari toko keramik, toko souvenir, penghobi handycraft dengan format bisnis online, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, jika Anda ingin serius menggarap bisnis ini, Anda bisa memperoleh keunggulan dengan cara menjadikan souvenir pernikahan yang merupakan niche, –celah pasar-, sebagai fokus spesialisasi bisnis Anda.

Berbeda dengan bisnis kerajinan tangan lainnya, yang meskipun ikut menggarap pesanan souvenir pernikahan, namun mereka berfokus dengan positioning sebagai bisnis produk sehingga barang yang ditawarkan sebatas keahlian mereka saja.

Toko keramik hanya menjual kerajinan keramik, toko souvenir hanya menjual kerajinan tangan khas daerah sebagi oleh-oleh, sementara penghobi handycraft masih sebatas pada menjual barang yang sesuai hobinya.

Sementara bila Anda menjadi spesialis souvenir pernikahan, Anda dapat membebaskan diri dari batasan produk untuk melayani beragam permintaan pasar akan souvenir yang sesuai selera mempelai.

READ:  Langkah Sederhana Membudidayakan Bayam Di Rumah

Untuk lebih lanjutnya, berikut ini tips yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun bisnis souvenir pernikahan yang sukses:

1.Spesifikasi produk yang fleksibel dan praktis

Jika Anda mengadakan pesta pernikahan, souvenir seperti apakah yang ideal? Selain bagus, tentu ia harus praktis dikemas dan dibawa. Setidaknya cukup untuk diletakkan pada sebuah kantong kertas.

Sebuah toko kerajinan tangan biasa bisa melakukan hal ini, namun omzet terbesarnya berasal dari akumulasi penjualan barang beragam ukuran. Sediakanlah produk dengan spesifikasi yang fleksibel dimana konsumen dapat merubah desain warna sesuai keinginan, serta praktis dibawa dan berkesan bagi tamu undangan.

Hal ini mungkin, bila Anda telah memiliki strategi pengadaan barang yang tepat, yang akan dibahas pada poin khusus.

2. Jangan terpaku pada satu jenis produk

Fokus dari bisnis ini adalah menyediakan souvenir bisnis yang sesuai selera maupun anggaran calon mempelai. Hal itu berarti Anda mesti menyediakan pilihan yang beragam dari berbagai jenis produk. Untuk memiliki produk yang beragam, Anda mesti pintar-pintar mencari informasi handycraft yang sedang tren untuk kemudian disesuaikan menjadi souvenir pernikahan.

Contohnya saja lilin hias, produk ini bisa menjadi alternatif souvenir pernikahan yang menarik dan memiliki nilai guna bagi penerimanya. Untuk mengetahui tren ini Anda mesti terlibat forum-forum handycraft nasional maupun internasional, minimal dengan aktif di fasilitas online.

Jika diperlukan untuk mendapatkan ide produk yang dijual agar mencari dan mengikuti kursus handycraft yang tersedia untuk Anda pelajari baik secara langsung maupun online, dengan cara menonton video atau membaca artikel berkaitan, baik yang gratis sampai berbayar.

Selain untuk menambah wawasan, hal ini bermanfaat bila Anda memiliki karyawan untuk dilatih demi peningkatan kapasitas produksi yang tak mungkin dikerjakan sendiri.

3. Kapasitas produksi dalam memenuhi pesanan

Bila Anda berniat memasarkan souvenir pernikahan buatan sendiri, Anda mesti memperhitungkan waktu penyelesaian beserta kapasitas produksi.

Kerajinan tangan membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, sementara jika ingin mendapatkan penghasilan dari penjualan souvenir pernikahan, Anda mesti mematok order minimum untuk menutupi biaya produksi yang mencakup bahan baku, operasional, maupun karyawan. Jumlah 100 unit untuk minimum pemesanan souvenir pernikahan adalah jumlah yang masuk akal.

READ:  Makna Di Balik Prosesi Pernikahan Adat Jawa

Pada beberapa produk, seperti lilin hias misalnya, adalah mungkin untuk menyelesaikan 100 unit pesanan dalam waktu satu bulan seorang diri.

Dengan begitu Anda mesti menyelesaikan rata-rata 3-4 lilin hias per harinya, namun jika Anda menangani lebih dari satu order, pilihan mempekerjakan karyawan lain mutlak diperlukan untuk terpenuhinya deadline.

Dan dengan dibutuhkannya mempekerjakan karyawan, Anda mesti melatih karyawan Anda hingga terampil. Untuk mempermudah proses peningkatan keterampilan karyawan, ada baiknya Anda turut menyiapkan video maupun modul tutorial untuk mereka pelajari.

Dengan adanya media tutorial seperti ini, Anda bisa membangun sistem pelatihan karyawan untuk jenis produk yang berbeda.

4. Memiliki workshop dengan etalase dan katalog online

Workshop atau outlet untuk memajang produk-produk Anda amat diperlukan untuk menunjukkan pilihan beragam yang menjadi keunggulan bisnis Anda.

Selain itu dengan adanya workshop memudahkan Anda membangun bisnis online yang kredibel sehingga tidak hanya mendapatkan order dari penjualan langsung, tetapi juga pesanan dari berbagai daerah melalui website.

Dengan tersedianya etalasa maupun katalog online, calon pelanggan dapat memilih yang sesuai selera dan kebutuhan.

5. Strategi pengadaan barang yang tepat

Untuk melancarkan proses produksi, Anda mesti memiliki jaringan pemasok bahan baku yang tetap. Selain itu jika terdapat beberapa jenis produk yang belum dapat Anda produksi sendiri dapat di atasi dengan mengadakan pemesanan sesuai spesifikasi yang telah Anda tentukan terlebih dahulu kepada sentra kerajinan tangan yang reliabel.

Dengan demikian, Anda dapat memperbesar kapasitas produksi saat diperlukan menggunakan strategi dan sistem ini. Oleh karena itu, dalam mencari rekanan dari pemasok produk Anda mesti memiliki standar kualitas produk tersendiri sebagai bahan pertimbangan yang tak dapat dikompromikan juga dasar dalam melakukan kerjasama.

6. Program pemasaran yang spesifik

Dengan keberadaan internet, Anda bisa menyasar pasar yang spesifik baik melalui website, forum, ataupun media sosial. Selain itu bisa juga dengan menghubungi bagian pemasaran radio atau televisi lokal bila sesuai dengan anggaran periklanan yang Anda miliki. Pencetakan brosur yang terjangkau di banyak jasa percetakan juga menjadi amunisi ampuh bagi pemasaran Anda.

READ:  Ide Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

Yang manapun saluran pemasaran yang Anda pilih, Anda mesti menempatkan bisnis dalam posisi sebagai spesialis souvenir pernikahan. Buat orang-orang mengenal bisnis Anda hanya dalam satu kalimat, misalnya:

 “All wedding gift and souvenir in one place.” “Semua souvenir pernikahan yang Anda idamkan ada di sini.”

Dan lakukan secara konsisten sehingga pasar mengenali bisnis Anda sebagai penyedia souvenir khusus.

7. Pemanfaatan jasa pengiriman

Untuk bisnis yang menyasar celah pasar, Anda mesti menambahkan faktor pengungkit dengan keberadaan bisnis online. Karena format bisnis online memungkinkan Anda menjadi pemain di tingkat nasional, tidak sekedar tempat domisili toko Anda.

Dengan begitu, peningkatan kapasitas produksi untuk perolehan profit dapat Anda lakukan untuk permintaan yang lebih luas.

Maka sebagai konsekuensi, Anda mesti menggunakan jasa pengiriman yang dapat menangani pengiriman barang-barang yang beresiko rusak bila ditangani dengan buruk, sehingga barang dapat sampai kepada pelanggan dengan utuh dan Anda tidak perlu menangani retur atau pengembalian barang.

***

Demikian 7 kiat membangun bisnis souvenir pernikahan yang sukses. Materi dalam artikel ini ditujukan untuk kepentingan informatif semata dan bukan pengganti rekomendasi penasihat keuangan profesional.

Anda mesti mempertimbangkan situasi keuangan pribadi maupun bisnis Anda dalam menjalankan strategi yang benar-benar tepat dengan situasi dan kondisi yang dialami. Semoga bermanfaat.

(foto: brideindreams.blogspot.com )