Mengenal Jenis-jenis Teh dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Loading...

jenis teh

Ada 4 jenis macam teh yang selama ini telah kita kenal dengan baik dan dikonsumsi, yaitu teh hijau, teh hitam, teh oolong dan teh putih. Namun, tak banyak yang tahu mengenai varietas atau macam-macam teh yang lain.

Simak terus artikel berikut ini karena kali ini kita akan membahas mengenai 6 macam varietas teh lain yang mungkin saja belum pernah Anda dengar seperti yang dikutip dari mag for women:

1. Mate Tea

Mate tea terbuat dari tanaman yerba mate dan dikatakan sebagai teh oleh para pecinta kopi karena rasanya sedikit seperti kopi. Mate tea juga merupakan jenis minuman yang bisa membangkitkan energi secara alami.

Teh jenis ini mengandung sekitar 20 macam vitamin dan mineral. Sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang dalam program diet karena bisa menekan nafsu makan.

Teh Mate atau Mate Tea ini sangat populer di beberapa negara Amerika Latin seperti Argentina, Brazil, Uruguay dan Paraguay.

2. Teh Chamomile

Teh yang terbuat dari bunga kering ramuan chamomile ini sangat populer sebagai teh sore dan dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, misalnya untuk mengobati peradangan, gangguan kecemasan sosial, masalah kolik, luka dan iritasi usus.

READ:  Pilih Kopi atau Teh?

Chamomile juga merupakan jenis aroma yang populer digunakan di banyak masakan serta berbagai macam produk kecantikan.

Rasanya sedikit pahit dan orang yang ingin mengkonsumsinya harus menyesuaikan diri karena aromanya sangat kuat.

3. Teh Blooming atau Teh bunga mekar

Biasa juga disebut dengan teh berbunga, teh mekar (blooming) adalah teh yang indah dalam rasa serta penampilan.

Sejumput daun teh kering terikat dengan bunga kering dalam kantung yang berbentuk seperti bola dan diletakkan untuk dijemur sampai kering untuk jangka waktu yang lama.

Bila direndam dalam air hangat, bunga yang ada dalam kantung tersebut akan mekar dan mengeluarkan aroma yang khas. Beberapa bunga yang biasa dijadikan teh antara lain melati, lily, kembang sepatu dan krisan.

Teh bunga mekar biasanya juga dijadikan hadiah untuk diberikan kepada orang-orang dekat.

4. Yellow Tea atau Teh Kuning

Mirip dengan teh hijau, hanya saja cara membuatnya sedikit berbeda karena berwarna kuning dan memiliki cita rasa yang juga berbeda.

READ:  Manfaat Teh China untuk Kesehatan

Cara mengeringkannya lebih lambat dibandingkan dengan teh hijau. Daun teh yang basah akan diawetkan hingga berubah warna menjadi kekuningan. Yellow tea ini biasanya disajikan di lingkungan keluarga kaisar China (keluarga kerajaan).

5. Pu-erh Tea

Teh ini berasal dari propinsi Yunnan- Cina, teh Pu-erh adalah jenis teh yang difermentasi hingga warnanya berubah menjadi gelap. Dibuat secara khusus dan tradisional khas cina yang disebut dengan proses Hei Cha.

Meskipun terlihat seperti teh hitam biasa, teh ini harus direbus hingga benar-benar mendidih terlebih dahulu agar bisa diminum.

6. Rooibos Tea atau Teh Rooibos

Rooibos tea adalah teh merah yang terbuat dari ramuan Afrika Selatan yang difermentasi.

Disebut juga disebut Teh Merah Afrika dan dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kaya akan antioksidan dan bebas kafein. Memiliki rasa manis dan pedas.

Penelitian mengklaim bahwa teh Rooibos memiliki zat atau property yang mampu mencegah dan melawan sel kanker, membantu melancarkan saluran pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

READ:  7 Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Rooibos tea dapat dikonsumsi baik panas maupun dingin. Ramuan yang berbeda dapat diciptakan dengan memadukan Rooibos teh dengan teh rasa lain.

(foto: sheknows.com)