Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki Untuk Kesehatan Tubuh

Loading...

manfaat berjalan tanpa alas kakiBerjalan tanpa alas kaki

Anda mungkin telah rutin menjaga kesehatan dengan melakukan diet ketat, mengkonsumsi makanan sehat atau bahkan berkonsultasi dengan para ahli kebugaran.

Memang sudah begitu banyak cara modern dan alat-alat berteknologi tinggi dengan harga selangit yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan.

Yangpada akhirnya membuat Anda lupa bahwa sebenarnya masih ada cara sederhana, murah dan menyenangkan yang bisa membuat Anda tetap sehat sepanjang hidup.

Ya, cara sederhana yang dimaksud disini adalah berjalan tanpa menggunakan alas kaki.

Berjalan tanpa alas kaki diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Ini adalah cara yang sangat baik untuk mengurangi lemak dari tubuh dan juga baik untuk menenangkan pikiran.

Berjalan tanpa alas kaki dapat meningkatkan endorfin, suatu hormon pembangkit rasa senang yang dapat menentramkan suasana hati.

Sayangnya, hal ini tampaknya hanya menjadi kebiasaan orang-orang di masa lalu. Sekarang kebanyakan orang lebih memilih mengenakan alas kaki bahkan ketika mereka berada di dalam rumah.

Padahal berjalan tanpa alas kaki di atas pasir atau rumput bisa menjadi salah satu latihan terbaik untuk hidup sehat, terutama jika dilakukan pada pagi hari.

READ:  Ini dia 8 Manfaat Menakjubkan dari Berjalan!

Berjalan tanpa alas kaki membantu dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan yang meliputi fungsi peredaran darah, menjernihkan pandangan mata, kesehatan mental dan sistem saraf Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang menakjubkan dengan berjalan tanpa alas kaki:

Baik untuk sirkulasi darah

Berjalan tanpa alas kaki di atas pasir atau rumput dapat meningkatkan tingkat sirkulasi darah, memperlancar sirkulasi darah di otot kaki, dan mengurangi stress.

Selain itu cara ini juga dapat membantu mengatasi kelelahan.

Memperbaiki mood, mengurangi stress dan depresi

Berjalan tanpa alas kaki berfungsi untuk mengurangi rasa cemas, khawatir dan depresi dalam diri Anda.

Ketika berjalan di atas pasir, secara otomatis butiran pasir akan merangsang otot-otot kaki dan mengurangi stres dalam diri Anda. Hal ini membuat pikiran Anda menjadi jernih dan terhindar dari pikiran-pikiran negatif.

Menjernihkan pandangan mata

Anda bisa menjernihkan pandangan mata Anda dengan membiasakan diri untuk berjalan di atas rumput setiap pagi, tentunya tanpa menggunakan alas kaki.

Sistem saraf mata melekat pada bagian yang langka pada kaki yang akan diremajakan dengan berjalan sehingga mampu meningkatkan atau menjernihkan penglihatan Anda.

READ:  5 Kondisi Medis Tak Bergejala yang Mengintai Tanpa Peringatan

Disamping itu warna hijau yang segar pada rumput juga dapat menenangkan mata.

Meningkatkan kualitas tidur

Sejak zaman dulu telah diyakini bahwa berjalan tanpa alas kaki dapat menyembuhkan insomnia. Berjalan tanpa alas kaki juga dapat menjadi bentuk latihan/olahraga yang baik sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

**

Terlepas dari semua manfaat kesehatan berjalan tanpa alas kaki di atas, berjalan tanpa alas kaki juga mampu memberikan manfaat yang sama dengan ketika Anda melakukan yoga. Tidak hanya dapat menyegarkan kaki tetapi juga meremajakan seluruh tubuh dan pikiran.

(foto: missbuttercup.com)