Cara Diet Sehat Untuk Yang Memiliki Kulit Kering

Loading...

buah dan sayurPerbanyak makan buah dan sayuran

Organ terbesar dalam tubuh manusia adalah kulit. Kulit rentan terhadap kerusakan yang bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, debu, serta kekeringan yang diakibatkan dari tidak berkualitasnya pola hidup. Untuk mencegah kulit dari kerusakan serta menjaganya agar tetap sehat, kita harus menerapkan pola makan yang seimbang.

Terutama bagi orang yang memiliki kulit kering harus memperbanyak konsumsi buah dan sayuran segar karena buah dan sayuran tersebut memberikan banyak vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh terutama kulit. Buah dan sayuran juga banyak mengandung antioksidan yang dapat membantu memerangi infeksi, memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga disarankan agar mencukupi asupan air agar kulit tetap terhidrasi dan terjaga kelembabannya.

Saat ini telah banyak produk yang beredar di pasaran yang diklaim dapat membantu kulit menjaga kelembabannya. Namun, bagaimanapun produk-produk tersebut tetap saja mengandung beberapa bahan kimia yang mungkin saja tidak cocok atau bahkan berbahaya bagi kulit Anda. Ada cara konvensional yang patut Anda coba, yakni, mengoleskan minyak zaitun atau minyak kelapa ke kulit lalu diamkan selama beberapa saat sebelum mandi.

READ:  Kesalahan Umum Pada Saat Berdiet

Konsumsi Makanan Kaya Vitamin

Kekurangan vitamin A, B, C dan E merupakan salah satu alasan mengapa kulit menjadi kering. Untuk mencegah kulit dari kering, bersisik serta gatal, konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin A. Vitamin A dapat diperoleh dari 2 sumber, yaitu, Hewani dan Nabati. Jenis makanan yang banyak mengandung vitamin A antara lain, ubi jalar, aprikot kering, mangga dan wortel.

Vitamin C yang mengandung Ascorbic acid dikenal manfaatnya untuk menjaga agar kulit tetap elastis karena membantu produksi kolagen sehingga dapat mencegah terjadinya proses penuaan dini. Makanan yang mengandung banyak vitamin C dan B, antara lain jeruk, sayuran hijau, kembang kol, paprika dan masih banyak lagi.

Vitamin E yang terkandung dalam bayam, kacang-kacangan dan minyak zaitun membantu melawan radikal bebas yang bisa berakibat buruk bagi kulit. Sumber radikal bebas yang harus dihindari antara lain: asap dan karsinogen.

Mineral dan Asam Lemak

Antioksidan larut lemak, dapat ditemukan dalam makanan laut (sea food) karena dianggap baik bagi kulit kering. Mineral, kolagen dan asam lemak membuat kulit menjadi lembut dan kenyal.

READ:  5 Cara Membuat Curly Hair Tanpa Alat Pengeriting

Penuhi Kecukupan Cairan Dalam Tubuh

Rutin meminum air putih merupakan salah satu kunci agar kulit tetap terjaga kelembabannya karena kulit akan selalu terhidrasi bila kita minum air. Air juga membantu proses pengeluaran racun-racun dalam tubuh sehingga hati, ginjal dan organ penting lainnya bisa bekerja dengan efisien.

(photo: broccolicity.com)