Tips dan Cara Alami Agar Rambut Tumbuh Lebih Cepat

Loading...

tips rambut panjang

Rambut manusia tumbuh rata-rata 1,5 hingga 2 cm per bulannya. Hal ini menandakan bahwa waktu yang diperlukan untuk memiliki rambut panjang cukup lama.

Banyak kita jumpai bermacam shampo pemanjang rambut, aneka perawatan untuk rambut panjang dan lain sebagainya. Tapi tahukan anda, jika selain menggunakan produk-produk tersebut, ada beberapa cara alami untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat?

Simak tips dan cara alami agar rambut tumbuh lebih cepat dari kami berikut ini:

1. Trim secara rutin

Banyak dari kita yang menganggap bahwa memotong rambut sama saja dengan membuat rambut lebih pendek dan akan memakan waktu yang lama untuk memanjangkannya.

Sebenarnya, melakukan trim atau memotong sedikit bagian ujung rambut adalah salah satu cara untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat.

Hal ini dikarenakan ujung-ujung rambut kita cepat kering, terlebih jika kita banyak menggunakan produk kimia pada rambut seperti pelurusan, pengeritingan, bleeching, dan lain sebagainya.

Ujung rambut yang bercabang akan dengan mudahnya naik dan menjadikan rambut rusak. Jika hal ini terjadi, kita harus memotong rambut yang bercabang lebih banyak lagi. Dengan trim secara rutin, ujung bercabang atau kering yang masih terbilang pendek akan hilang.

READ:  5 Potongan Rambut Sederhana Untuk Rambut Panjang

2. Berolahraga

Apa hubungan olahraga dengan pertumbuhan rambut? Jika kita berolahraga, secara otomatis aliran darah dalam tubuh menjadi semakin lancar.

Begitu pula dengan aliran darah ke bagian kepala yang akan membuat pertumbuhan rambut lebih cepat. Beberapa olah raga yang juga menyenangkan untuk dilakukan adalah dance, berlari atau aerobik.

Selain itu, dengan berolah raga tubuh kita akan memproduksi hormon endorfin yang memiliki fungsi melancarkan aliran darah. Jika aliran darah lancar, stres pun berkurang dan hal ini dapat mengurangi masalah rambut rontok.

3. Tidur cukup

Usahakan tidur sekitar 8 jam per hari. Tidur yang cukup akan membuat kita jauh dari stres dan rasa lelah berlebih.

Rasa lelah yang berlebihan akan menyebabkan stres dan mempengaruhi pertumbuhan rambut.

4. Pijat kulit kepala

Selagi menggunakan produk favorit untuk rambut, jangan lupa untuk memijat kulit kepala anda.

Pijatlah bagian atas kulit kepala dan juga bagian belakang secara perlahan. Hal ini berfungsi baik untuk memaksimalkan rambut dan kulit kepala menyerap nutrisi produk tersebut dan juga melancarkan aliran darah di bagian kepala.

READ:  Definisi Kehamilan Ektopik

5. Diet sehat

Diet yang sehat dapat juga membantu pertumbuhan rambut yang berkilau dan sehat.

Rajin-rajinlah mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vit. C dan juga bahan makanan yang kaya protein seperti ikan.

6. Tidak sering menggunakan hair tools

Catok, pengeriting rambut, hair dryer dan masih banyak lagi, dapat membuat rambut kita cepat kering dan rusak.

Jika sudah seperti ini, akan muncul banyak cabang atau yang dikenal dengan split ends.

Cobalah untuk meminimalisir penggunaan alat-alat tersebut, karena dengan aliran udara panas yang berlebihan, kelembapan alami rambutpun hilang dan rambut akan mudah patah dan tak bercahaya.

Bagi anda yang terbiasa mengeringkan rambut dengan hair dryer, gunakan temperatur rendah dan mungkin anda dapat mencoba dengan membiarkannya kering secara alami.

**

Banyak dari kita yang berpikir bahwa rambut kita tidak tumbuh.  Secara alami rambut akan tumbuh, namun karena kondisi rambut yang tidak sehat, seringkali bagian ujung bawah rambut patah.

Yang terpenting, mulailah hidup sehat dan perlakukan rambut anda dengan baik.

READ:  Ingin Awet Muda? Lakukan 4 Ritual Cantik Sebelum Tidur

(foto: good-wallpapers.com)