Tips dan Cara Melindungi Bibir dari Kerusakan Akibat Matahari

Loading...

melindungi bibir dari matahariMenurut sebuah studi yang dilakukan di University Of Texas Medical Branch Department Of Dermatology, peneliti mengevaluasi penggunaan perlindungan bibir sinar ultraviolet (UVL) dan pengetahuan tentang perannya sebagai faktor resiko kanker bibir di lingkungan luar – pantai.

Dari 299 responden survei, hanya 37 persen yang menerapkan tabir surya dengan benar pada kulit mereka dan juga menggunakan perlindungan bibir.

Sementara responden survei tahu UV merusak kulit mereka, banyak yang tidak menyadari bahwa paparan sinar matahari dapat menyebabkan kanker bibir, seperti dilansir dari Medical Daily.

Bahaya Sinar UV

Sinar ultraviolet (UV) merupakan faktor resiko yang paling penting ketika berbicara mengenai kanker kulit – sinar UV terkait dengan 90 persen dari semua kanker kulit non-melanoma, menurut Skin Cancer Foundation (SCF).

Bibir tidak memiliki melanin, yang membuat mereka lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari oleh paparan UV.

Sinar UV dari matahari dapat mempengaruhi produksi kolagen pada bibir Anda yang dapat menyebabkan pembentukan kerutan pada area dan sekitarnya sebagai tanda penuaan dini dan kerusakan akibat sinar matahari, menurut Mayo Clinic.

Melindungi Bibir dari Sinar Matahari

Penting untuk menjaga bibir lembut, halus, terhidrasi dan sehat selama musim panas untuk melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari. Penerapan lip balm dan banyak minum air dapat membantu memfasilitasi perlindungan terhadap sinar UV.

READ:  Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan

Namun, jangan hanya menerapkan lip balm dengan SPF pada hari-hari cerah, bahkan jika berawan – sinar UV bisa melalui langit mendung. Juga, pastikan untuk menerapkannya kembali setidaknya setiap dua jam sekali, kata American Academy of Dermatology (AAD).

Memilih Produk Untuk Bibir Sehat

Untuk perlindungan matahari, pilih lip balm dengan SPF 15 atau lebih tinggi untuk menjaga bibir Anda lembut dengan kelembaban tahan lama.

Lipstik yang mengkilap atau mengandung gloss tinggi dengan sedikit atau bahkan tidak ada warna yang berbahaya bagi bibir Anda karena mereka dapat mengarahkan sinar UV ke daerah tersebut.

Lip gloss, seperti lipstik dengan kilap tinggi, bertindak sebagai reflektor terhadap sinar matahari dan produk tanpa SPF dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker kulit, menurut Discovery.com.

1. Jika bibir Anda kering dan mulai mengelupas, gunakan gula dan minyak zaitun untuk mengeksfoliasi dan menyingkirkan sel-sel kulit mati.

2. Carilah produk bibir yang berbahan dasar beeswax, petroleum jelly, atau parafin. Produk-produk ini akan mengunci kelembaban dan berada di bibir Anda lebih lama dibandingkan dengan balm dan gloss yang lebih tipis.

READ:  Putih Telur Dapat Menurunkan Tekanan Darah

3. Singkirkan lip gloss dan beralih ke produk bibir matte dengan SPF.

4. Jika Anda perlu menggunakan lip gloss, oleskan lipstik berwarna untuk bibir Anda terlebih dahulu dan kemudian menambahkan beberapa bersinar. Lipstik berwarna dengan SPF adalah taruhan terbaik.

5. Pilih produk lip gloss dengan minimal SPF 30.

**

Demikianlah tips dan cara melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari. Bibir yang kering dan pecah-pecah tentu tidak sedap dipandang. Jagalah kesehatan bibir Anda dan lindungi dari paparan sinar matahari secara berlebihan. Semoga bermanfaat.

(foto: actorpharma.co.za )