Tips Tidur Siang agar Bekerja Lebih Maksimal

Loading...

tidur siangJika Anda memaksakan diri untuk langsung kembali bekerja setelah libur akhir pekan berakhir, pikir kembali untuk mengkonsumsi secangkir kopi ketika Anda merasa sudah lelah bekerja. Beristirahat sejenak atau tidur selama beberapa saat nyatanya jauh lebih efektif agar kondisi badan kembali lebih segar.

Ada banyak manfaat setelah tidur atau beristirahat siang, di antaranya: melawan efek yang mungkin ditimbulkan karena kurang tidur, meningkatkan energi dan produktifitas, meningkatkan fungsi kognitif serta manfaat kesehatan lainnya.

Namun, tidak semua tidur siang diciptakan sama pada setiap orang. Tidur untuk waktu tertentu dalam sehari dan hanya menghabiskan waktu selama beberapa saat untuk tidur siang, bisa membuat tubuh Anda merasa segar dan cukup istirahat.

Berikut ini beberapa tips dari Michael Breus, Ph.D yang merupakan ahli tidur agar Anda mendapatkan isirahat siang yang baik serta berkualitas, seperti yang dikutip dari Huffington Post.

1. Hindari Tidur Siang Jika Anda Sering Insomnia

Jika Anda kurang tidur, maka Anda berada di posisi yang sangat diuntungkan karena tidak tidur siang. Kenapa? Jika Anda tidur siang, maka Anda akan kesulitan tidur di malam hari.

READ:  8 Superfood Berkhasiat untuk Diet Anda

Breus mengatakan bahwa penelitian menunjukkan sebenarnya menghindari tidur siang sangat membantu para penderita insomnia agar sembuh.

2. Batasi Tubuh Anda

Tidur siang baiknya hanya berlangsung selama 25 hingga 30 menit karena bisa mencegah Anda agar tidak masuk ke tidur yang terlalu dalam yang mungkin saja membuat tubuh Anda merasa lebih lelah.

3. Cobalah “Istirahat Kafein”

Breus menyarankan untuk mencoba tidur siang dengan kafein atau yang disebutnya dengan “napalatte”. Yakni dengan cara mengkonsumsi secangkir kopi dengan suhu panas yang sedang setelah itu pergilah tidur selama 20 menit.

Kafein akan membuat Anda merasa lebih segar seketika setelah Anda bangun dan kondisi tubuh Anda akan berada dalam keadaan yang prima untuk waktu 4 jam ke depan.

4. Berjalan Untuk Beberapa Saat Setelah Makan Siang

Ketika beberapa orang mengeluh bahwa mereka merasa tambah capek dan mengantuk setelah makan siang, maka Breus menyarankan untuk berjalan-jalan dengan santai selama kurang lebih 15 menit di luar ruangan daripada langsung rebahan.

Jika Anda merasa lelah karena stres dan jadwal yang sangat padat, menghabiskan waktu dan menghirup udara segar sambil istirahat di luar ruangan sedikit lebih lama merupakan pilihan yang tepat.

READ:  Ketahui Jumlah Susu Formula yang Dibutuhkan Bayi

Breus menjelaskan bahwa normalnya Anda akan merasa lelah di antara pukul 1 dan 3 siang (tenang saja, kebanyakan orang juga merasa seperti itu) jadi Anda tak perlu tidur siang. Ini menandakan bahwa tubuh Anda membutuhkan sinar matahari.

Suhu tubuh Anda bisa saja menurun pada jam-jam segitu sehingga otak akan memproduksi melatonin yang bisa membuat kita merasakan kantuk dan ingin tidur. Solusinya adalah berjalanlah sebentar di luar ruangan karena otak tidak akan memproduksi melatonin saat tubuh kita terkena sinar matahari.

5. Jangan Tidur Setelah Lewat Pukul 4 Sore

Jika Anda merasa lelah karena kekurangan tidur, beristirahat selama beberapa saat di tengah hari bisa membantu mengembalikan semangat. Kebanyakan orang merasa sangat mengantuk atau kelelahan di sekitar pukul 4 sore yang  sangat cocok dengan jam di mana kondisi seseorang berada di titik rendah siklus sirkadian tubuh.

Jika Anda ingin beristirahat saat bekerja, sebaiknya bawalah “peralatan tidur” Anda. Seperti, penutup mata atau eye mask, penutup telinga dan alarm.

READ:  Tips dan Cara Mengeksfoliasi Kulit Tubuh

Ini akan meningkatkan kualitas tidur karena meminimalisir gangguan yang bisa mengganggu tidur serta akan membuat Anda terbangun tepat waktu dengan kondisi tubuh yang lebih segar.

6. Tidur 10 Menit

Meskipun sebentar, tidur selama 10 menit juga bisa mengembalikan kondisi tubuh. Kata Breus, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2002, meskipun kita hanya tertidur selama 10 menit, setelah terbangun kita masih tetap bisa merasa kondisi tubuh kita jauh lebih baik.

Apalagi jika kita kurang tidur pada waktu malam hari. Hal ini berlaku asalkan tidur yang Anda dapatkan benar-benar berkualitas.

(foto: 360degreefeedback.blogspot.com)