Pesona Keindahan Teluk Ha Long di Vietnam

Loading...

Ha Long Bay

Teluk Ha Long termasuk dalam 33 teluk paling indah di dunia sebagaimana dinobatkan oleh UNESCO. Ribuan pulau-pulau kecil mengambang di atas air biru kehijauan yang menyajikan pemandangan nan epik.

Tak berkesempatan mengunjunginya? Tertarik mengetahuinya lebih jauh?

Berikut ini keindahan teluk Ha Long di Vietnam, sebagaimana disarikan dari majalah Living Plus:

1. Gua di pulau-pulau teluk Ha Long

Pulau-pulau kecil di sekitar teluk Ha Long kebanyakan terbentuk dari batu gamping (limestone) setebal lebih dari 1000 meter dan berusia lebih dari 340 juta tahun.

Di pulau tersebut terdapat pula banyak gua-gua (karst) dari batu gamping yang menjadi obyek wisata pengunjung.

Menurut perkiraan para peneliti, gua-gua tersebut terbentuk dalam kurun waktu 20 juta tahun melalui tempaan iklim tropis yang basah.

2. Kapal-kapal wisata dan penginapan

Kapal menjadi sarana transportasi andalan di teluk Ha Long untuk menelusuri berbagai kekayaan dan keindahan hayati di lingkungan tersebut.

Selain itu, melihat antusiasme para turis menggunakan sarana ini, para pengusaha setempat berlomba-lomba menyediakan kapal-kapal wisata dan penginapan.

READ:  Destinasi Wisata Jawa Barat yang Menakjubkan

Oleh karenanya, selain dapat menumpang kapal untuk berkeliling, para turis dapat juga menginap di kapal pada malam hari sembari menikmati keindahan teluk Ha Long.

3. Keberagaman obyek wisata air

Keberagaman lingkungan, iklim, geologi, geografi, dan geomorfologi di area itu juga menjadi tempat bagi keragaman biota, termasuk biosistem tropis yang hijau, serta biosistem laut dan pantai yang luar biasa.

Selain pulau-pulau mungil dan air berwarna emerald yang dapat dinikmati dari atas kapal, wisatawan juga dapat menikmati kekayaan coral, rawa-rawa air, hutan mangrove, danau-danau kecil air tawar, dan pantai yang berpasir.

4. Eksplorasi dan hiking di Taman Nasional Cat Ba

Taman Nasional Cat ba terletak di sebelah barat Teluk Ha Long dan memiliki habitat alami yang sangat beragam bagi berbagai jenis flora dan fauna yang ada di sana.

Walau tidak memiliki jenis mamalia sebanyak taman nasional lain di Vietanam, namun Cat Ba tetap memiliki daya tarik tersendiri.

Dari sudut konservasi, taman nasional ini menjadi sangat penting. Karena di sinilah terdapat Cat Ba Leaf Monkey (Trachypithecus poliocephalus) yang hanya satu-satunya di dunia.

READ:  8 Pantai Indah Untuk Menikmati Bulan Madu Romantis

Selain karena keterbatasan monyet khas Cat Ba, taman nasional ini semakin menarik karena karakter utama dari taman ini adalah hutan batu gamping.

Area ini tergolong sangat menarik bagi mereka yang memiliki jiwa petualang. Jika hiking dan caving masih belum memuaskan jiwa petualang, maka aktivitas menarik lainnya adalah kayaking.

Dari sekian banyak pantai yang ada di Teluk Ha Long, wisatawan apat menemukan spot yang sepi dan tak berpenghuni, Di spot inilah dengan bebas wisatawan dapat kayaking dan berenang.

5. Wisata kuliner di atas kapal

Secara biaya aktifitas, dan akomodasi di Teluk ha Long tidak terlalu mahal. Dengan kisaran USD 50 per orang sudah dapat melakukan berbagai aktifitas dan akomodasi standar backpacker.

Selain itu jika memerlukan makanan dan minuman, wisatawan yang bermalam di atas kapal dapat dengan mudaj mendapatkannya pada masyarakat setempat yang berjualan di atas kapal.

Soal makanan, pilihan paling tepat adalah seafood yang diambil langsung dari perairan Ha Long.

Sayangnya bukan hanya makanan dan minuman yang diperjualbelikan masyarakat setempat. Kekayaan alam Ha Long dalam bentuk batu coral langka, kulit kerang, bahkan stalagtit dan stalangit turut diperjualbelikan sebagai suvenir.

READ:  Ini Dia Kota Seafood Terbaik di Indonesia

***

Demikian pesona keindahan Teluk Ha Long di Vietnam. Jika teluk Ha Long menjadi tujuan wisata Anda selanjutnya, jangan dukung aktivitas perusakan lingkungan ini dengan membeli suvenir-suvenir alam tersebut!

(foto: Bas van Rijsbergen – flickr.com)