Panduan Lengkap Memilih Kacamata yang Tepat

Loading...

tips memilih kacamataKacamata sekarang ini sudah bukan lagi untuk mereka kalangan kutu buku saja atau mereka yang memiliki mata minus dan mata plus saja.

Kacamata semakin bergeser nilai fungsinya menjadi nilai seni dan kreasi, serta inovasi baru dalam berpenampilan.

Kacamata menjadi sebuah gaya hidup yang semua orang mampu dan bisa memilikinya, karena harga sebuah kacamata bukanlah sesuatu yang mahal untuk dimiliki.

Namun jangan sampai salah mengerti mengenai pemilihan kacamata. Penggunaan model kacamata yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan postur dan bentuk wajah bisa berakibat fatal.  Bukan wajah yang lebih baik dan keren yang akan terlihat, namun wajah dengan kaamata yang terlihat sedikit lucu dan konyol.

Selain untuk kebutuhan, kacamata beralih fungsi menjadi tren fashion yang membentuk karakter seseorang. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam memilih kacamata sehingga anda akan memunculkan imej wajah yang tidak sesuai dengan karakter anda.

Untuk itu diperlukan beberapa tips dalam memilih kacamata sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah kacamata. Anda harus mempertimbangkan bentuk wajah dan model bingkai kacamata yang sesuai dengan wajah anda.

Tips Memilih Frame Kacamata

Berikut beberapa tips memilih frame kacamata yang sesuai dengan karakter wajah dan bentuk wajah anda:

READ:  5 Tips Riasan Mata Bagi Wanita Berkacamata

1. Untuk wajah persegi

Jika wajah anda persegi, dengan bentuk rahang yang nyata dan kokoh serta terlihat tegas, maka kacamata yang cocok bagi anda adalah kacamata yang ujung susutnya melengkung, ini berfungsi untuk menyamarkan rahang keras anda.

Sebagai referensi anda bisa mencontek gaya berkacamata artis Demi Moore yang juga memiliki rahang tegas dan wajah persegi.

2. Untuk wajah bulat

Jika wajah anda cenderung bulat, bisa memilih kacamata dengan bingkai yang berbentuk persegi panjang dan bujur sangkar dengan kesan sudut yang lebih tajam, agar wajah terlihat lebih tegas dan lebih lonjong.

Wajah selebriti Drew Barrymore dan Miley Cyrus dengan kacamatanya bisa menjadi contoh bagi anda.

3. Untuk wajah berbentuk hati

Wajah anda yang berbentuk hati, dengan dahi lebar dan dagu yang meruncing seperti Natalie Portman bisa memilih frame gantung.

Model kacamata tanpa bingkai bawah,  model kacamata aviator atau kacamata pilot pesawat tempur berbentuk persegipanjang yang terkesan memantulkan wajah anda kembali.

4. Untuk wajah oval

Jika anda berwajah oval, anda tidak akan terlalu sulit memilih kacamata. Model dan bentuk wajah seperti ini sangat mudah dan cocok dengan kacamata model apapun.

READ:  Tips dan Trik Agar Terlihat Cantik dengan Kacamata

Anda bisa melihat artis Angelina Jolie dan Lindsay Lohan yang selalu terlihat keren dengan kacamata model apapun yang mereka kenakan.

Tips Memilih Warna Kacamata

Setelah anda memahami bentuk wajah masing-masing dan model bingkai kacamata yang tepat, anda juga harus menyesuaikan kacamata yang akan anda beli dengan warna kulit anda.

Beberapa orang terkadang salah memilih warna kacamata yang tepat sehingga terlihat aneh dan tidak cocok.

1. Jika anda berkulit sawo matang seperti kebanyakan kulit orang Indonesia, anda bisa memilih kacamata dengan warna bingkai yang berkesan hangat seperti coklat dan cream.

2. Jika anda berkulit gelap bisa memilih warna-warna marun dan biru tua agar terkesan lebih sejuk di wajah.

3. Namun jika anda berkulit putih, warna bingkai dan warna lensa kacamata apapun akan terlihat cocok dengan anda.

Tips Memilih Lensa Kacamata

Selanjutnya dalam memilih lensa kacamata yang tepat untuk anda. Apakah anda harus membeli kacamata dengan lensa kaca atau dengan lensa plastik itu tergantung dari kebutuhan anda.

READ:  Perempuan Bisa Cemburu hanya Karena Status Facebook Pasangannya!

Jika anda butuh kacamata yang tidak mudah tergores, anda bisa memilih kacamata dengan lensa kaca, namun jika anda memilih lensa dengan UV protection anda juga bisa memilih lensa khusus.

Untuk anda yang bermata minus tebal, maka anda bisa memilih lensa poly carbonate yang bisa ditipiskan sehingga tidak terlihat tebal.

**

Demikianlah panduan lengkap dalam memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah dan karakter Anda. Mengenakan kacamata bukan berarti anda tidak dapat tampil menarik. Yang terpenting adalah anda tahu cara memadukan kacamata dengan bentuk wajah dan pakaian yang akan anda kenakan. Semoga bermanfaat.

(foto: 10wallpaper.com)