Tips Memilih Produk Perawatan untuk Hiperpigmentasi Kulit

Loading...

produk perawatan hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kelebihan pigmen di beberapa daerah kulit Anda atau kulit Anda berwarna lain dari kulit asli.

Menurut Susan C. Taylor, direktur pendiri Pusat Kulit Warna di New York, yang menyebabkan pigmentasi yaitu cedera, trauma, sinar matahari atau penyakit kulit.

Untuk pengobatan pigmentasi yang tejadi pada kulit Anda dapat dilakukan dengan 3 produk perawatan kullit di bawah ini.

Hydroquinone

Bahan kimia ini sering ditemukan dalam produk yang dipasarkan untuk mengatasi kulit kering.

Pada tahun 1982, US Food and Drug Administration memutuskan bahwa kulit pemutihan produk yang mengandung 1,5 sampai 2 persen hydroquinone dapat diakui  aman dan efektif.

Namun pada tahun 2006, hasil sebuah studi yang dilakukan terhadap hydroquinone ternyata bahan ini dapat menyebabkan kulit Anda lebih gelap bahkan menimbulkan kerusakan kulit dan kanker dimana telah dilakukan uji coba pada tikus.

Di Amerika, hydroquinone tetap digunakan dalam produk pemutih kulit, tetapi untuk penggunaannya harus berdasarkan petunjuk dan pengawasan dari dokter kulit.

Penggunaan hydroquinone juga disarankan untuk digunakan selama 6 bulan.

READ:  Tipe Suami Yang Gila Kerja

Retinoid

Retinoid dapat dikatakan sebagai turunan dari vitamin A. Produk kulit topikal ini berguna untuk mengobati perubahan warna yang disebabkan oleh jerawat, seperti vitamin A juga merupakan pengobatan jerawat yang efektif.

Produk dalam kelompok retinoid termasuk tretinoin, dijual dengan nama merek Retin-A, adapalene atau differin, dan tazaratene atau retinoid tazorac dapat meningkatkan sel kulit sehingga membuat perubahan warna lebih cepat memudar.

Namun, selain memiliki manfaat yang baik, retinoid juga memiliki efek samping yaitu menyebabkan iritasi kulit dan meningkatkan sensitivitas kulit Anda saat terkena sinar matahari.

Karena itu, saat menggunakan produk ini sebaiknya gunakan tabir surya untuk mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah terjadinya penggelapan kulit Anda.

Chemical Peels

Untuk penyebab  hiperpigmentasi yang lebih parah, beberapa dokter kulit menyarankan untuk menggunakan chemical peel.

Menurut Taylor, jenis kulit yang paling umum direkomendasikan untuk menggunakan chemical peels yaitu untuk Anda yang memiliki kandungan alpha hydroxy atau beta hydroxy acids pada kulit Anda.

Cara mengaplikasikan chemical peels yaitu  bersihkan kulit wajah Anda selama 15 menit, maka perubahan warna akan memudar dan terjadi pengelupasan  pada lapisan atas kulit (stratum korneum) atau lapisan teratas epidermis.

READ:  Panduan Waxing Bagi Pemula

Untuk pemilik kulit yang mengandung konsentrasi lebih dari 20 AHA atau BHA  tidak boleh diperkenankan untuk menggunakan ini, terutama untuk pemilik kulit  gelap.

**

Demikialah 3 produk perawatan kulit untuk hiperpigmentasi. Penggunaan produk perawatan kulit yang disarankan untuk hiperpigmentasi tetap harus di bawah pengawasan dokter kulit atau ahli kecantikan.

(foto: way2entertainment.in)