Ini dia Tips Jitu Merawat Kulit Gelap!

Loading...

perawatan kulit gelapSiapa bilang kulit gelap akan tampak buruk? Kulit gelap bahkan menjadi salah satu poin dalam daftar keinginan pria dan wanita Amerika. Mereka rela berjemur selama berjam-jam untuk mendapatkan kulit berwarna gelap atau coklat.

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cara perawatan kulit gelap, tahukah Anda penyebab kulit menjadi gelap? Kulit gelap dapat terjadi karena kulit Anda mengandung melanin sehingga memberikan memberikan pigmen atau warna gelap pada kulit.

Banyak dari Anda yang mungkin beranggapan bahwa pemilik kulit gelap tidak harus memusingkan banyak hal mengenai perawatan kulit mereka bahkan dapat terhindar dari berbagai masalah kulit seperti bintik hitam atau perubahan warna.

Anda salah, karena faktanya pemilik kulit gelap atau kulit hitam lebih rentan terhadap perubahan warna kulit dan bintik hitam.

Karena itu untuk menjaga kulit gelap Anda tetap indah dan sehat, Anda dapat menggunakan beberapa tips merawat kulit gelap di bawah ini sebagai langkah awal .

Pembersih

Untuk mendapatkan kulit yang baik maka diperlukan perawatan yang baik pula, dan untuk pemilik kulit gelap Anda dapat menggunakan pembersih kulit harian sebagai langkah awal.

READ:  Tips Sederhana Merawat Kulit Saat Traveling  

Pembersih kulit dapat mengangkat kotoran yang menempel pada wajah Anda, makeup dan minyak sehingga membuat kulit wajah Anda bersih dan segar. Anda juga dapat membeli produk pembersih yang memang dirancang atau khusus untuk pemilik kulit gelap.

Hindari menggunakan pembersih yang mengandung bahan abrasif seperti alkohol, pewarna, propilen glikol, lanolin dan wewangian. Bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit atau hiperpigmentasi. Pastikan untuk membersihkan kulit dengan lembut.

Toner

Selain pembersih kulit, toner juga menjadi salah satu bagian penting untuk perawatan wajah.

Toner memberikan banyak manfaat bagi kulit Anda antara lain memulihkan keseimbangan pH alami kulit, mengurangi sekresi minyak kulit, pengelupasan sel-sel kulit mati, membersihkan diri kotoran dan sirkulasi darah. Toner dapat membuat kulit Anda lebih cerah dan lebih hidup.

Tetapi tidak semua jenis kulit dapat menggunakan toner, contohnya hindari toner kulit yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti isopropil alkohol, etanol dan alkohol. Untuk hasil terbaik, pilih toner yang dirancang khusus untuk kulit gelap.

READ:  7 Ancaman Kesehatan di Balik Lemari Anda

Pelembab

Untuk kelembaban mungkin semua jenis dan warna kulit butuhkan. Tetapi untuk jenis kulit gelap, pilihlah pelembab yang mengandung “humectrants” atau produk yang dapat membuat kulit Anda tampak lembab.

Anda dapat memilih pelembab yang mengandung bahan seperti asam hyaluronic, gliserin, dimethicone atau urea. Pelembab yang bebas alkohol dan bebas aroma adalah salah satu jenis pelembab yang baik karena alkohol dan parfum dapat membuat kulit wajah Anda iritasi dan kering.

Produk yang terdiri dari retinol atau vitamin A juga harus dihindari karena ini dapat menghilangkan kelembaban kulit. Anda dapat memilih pelembab yang memiliki kandungan alami seperti lilin lebah, minyak kedelai dan minyak jagung.

Sunscreen

Seperti jenis kulit lainnya, kulit gelap membutuhkan perlindungan dari sinar matahari. Gunakan tabir surya untuk menjaga kulit Anda agar terlindungi dari sinar matahari.

Menurut Brownskin.net, “Tabir surya bekerja dengan menyerap ultraviolet A (UVA) dan sinar ultraviolet B (UVB) sebelum mereka dapat mempengaruhi kulit”.

Menggunakan sunblock dapat menlindungi kulit terkena sinar matahari langsung. Oleskan tabir surya 20 menit sebelum keluar rumah.

READ:  7 Alasan Mengapa Tak Perlu Takut Akan Bertambahnya Usia

Gunakan tabir surya dengan SPF 15.  Jika Anda menderita kondisi medis seperti lupus atau memiliki perubahan warna dan bintik-bintik gelap, Anda dapat menggunakan tabir surya dengan SPF 30.

(foto: shutterstock)