Tips dan Cara Agar Meja Kantor Tetap Rapi

Loading...

meja kerja rapi dan bersih

Meja kerja sebagai tempat untuk menghabiskan separuh waktu di kantor sepatutnya mendapat perhatian khusus agar kita betah dan nyaman menyelesaikan tugas kantor.

Meja kantor yang bersih dan rapi turut meningkatkan produktivitas kerja dan membuat kita jauh dari stress akibat pekerjaan yang menumpuk.

Anda mungkin bisa saja beralasan bahwa menumpuk semua dokumen kerja di atas meja akan memudahkan Anda bila mencarinya nanti.

Pada kenyataannya, tumpukan dokumen kerja akan membuat Anda pusing dan kelabakan saat mencari sebuah dokumen penting.

Nah, bagaimana agar meja kantor tetap rapi dan tidak berantakan?

Bereskan meja setelah selesai kerja

Biasakan membersihkan meja kerja sebelum pulang dari kantor secara rutin agar sampah dan dokumen tidak menumpuk di meja anda.

Jangan menumpuk semua dokumen di meja karena bisa membuat anda tidak fokus dan tidak nyaman.

Atur barang secara sistematis

Masukkanlah kertas – kertas dalam bentuk arsip/folder untuk mengurangi tumpukan kertas di meja. Taruhlah barang – barang yang sangat diperlukan di tempat yang mudah dijangkau.

READ:  Tingkatkan Semangat Kerja dengan 5 Benda Ini di Atas Meja Kantor Anda!

Aturlah file – file secara rapi dan sistematis agar mudah dicari. Bila perlu berilah label penanda di masing-masing folder agar lebih memudahkan saat Anda membutuhkannya.

Sediakan tempat sampah

Tempat sampah adalah benda yang harus ada di dekat meja kerja. Hal ini untuk mengurangi sampah yang tercecer di sekitar meja kantor.

Terkadang Anda tanpa sadar menumpuk sampah di meja kerja dengan alasan akan membuangnya nanti saja. Tumpukan sampah ini akan menambah ketidakrapihan meja kerja Anda.

Hindari makan di meja kerja

Seringkali kita ngemil sambil mengerjakan tugas kantor dan tanpa sadar mengotori meja kerja.

Jika terpaksa makan atau ngemil sambil bekerja, segera bersihkan sisa kotoran atau makanan agar tidak membuat meja menjadi kotor dan ruangan semakin berantakan.

Taruhlah benda favorit di meja

Salah satu yang membuat kita nyaman dan betah  berlama – lama di belakang meja adalah dengan menambahkan benda – benda yang mempunyai nilai – nilai emosional.

Anda bisa menaruh foto keluarga, tanaman, pajangan, bunga atau benda favorit kesayangan anda.

READ:  6 Cara Seimbangkan Karir dan Hidup

Jika Anda jenuh dan suntuk dengan banyaknya pekerjaan, Anda bisa beristirahat sejenak sambil memandang foto keluarga sebagai penyemangat Anda.

**

Demikianlah tips dan cara agar meja kantor selalu rapi dan bersih. Meja yang rapi dan bersih akan mengurangi stres dan diharapkan dapat menambah semangat kerja Anda. Semoga bermanfaat.

(foto: tahupedia.com)