Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Mata Merah

Loading...

mengatasi mata merah

Pernahkah Anda mengalami ketika Anda bangun tidur mendapati sebelah atau bahkan kedua mata Anda bengkak, berair, gatal dan kemerahan?

Hal itu mungkin saja jika mata Anda terkena suatu penyakit yang disebut dengan mata merah atau konjungtivitis.

Tidak hanya menyebabkan perasaan yang sangat tidak nyaman, namun juga bisa menular. Selain itu, jika Anda menderita mata merah secara otomatis aktivitas sehari-hari Anda akan terganggu. Makanya mata merah atau konjungtivitis merupakan hal yang sangat buruk.

Penyebab Mata Merah

Konjungtivitis adalah peradangan dari lapisan terluar mata dan permukaan bagian dalam kelopak mata – juga dikenal sebagai konjungtiva.

Ada 3 hal yang bisa menyebabkan terjadinya mata merah, antara lain:

  • Virus

Virus mata merah biasanya bisa mempengaruhi mata yang lain dalam beberapa hari. Beberapa gejala umum mata yang ikut terinfeksi virus mata merah antara lain mata lebih sering berair.

  • Bakteri

Mata merah juga bisa disebabkan karena bakteri yang menginfeksi kedua belah mata pada saat yang bersamaan dan mengakibatkan keluarnya kotoran mata yang lebih banyak dari biasanya. Kadang berwarna agak kuning kehijauan.

  • Alergi
READ:  Hilangkan Kebiasaan Gigit Kuku dengan Cara Ini

Penyebab mata merah lainnya adalah karena alergi. Ciri-ciri mata merh yang disebabkan alergi adalah mata hanya sedikit merah namun gatal dan menyebabkan Anda ingin mengucek mata tersebut.

Tips Mengatasi Mata Merah

Karena mata merah sangat mudah menular, rajinlah mencuci tangan dengan benar dan hindari berbagi handuk dengan orang lain

Selain itu, jangan menyentuh mata langsung dengan menggunakan tangan Anda. Tangan yang kotor akan membuat iritasi mata semakin parah.

Sedangkan untuk mata merah yang disebabkan oleh alergi, cara mengatasinya adalah dengan mencaritahu alergi yang diderita kemudian menghindari penyebab alergi tersebut.

Cara Mengobati Mata Merah

Anda dapat mengobati mata merah dengan menggunakan kantung teh hitam.

1. Pilihlah teh hitam organik dan seduh dengan menggunakan air panas selama beberapa menit.

2. Angkat kantung teh (jangan diperas).

3. Biarkan teh selama beberapa saat hingga suhunya berubah menjadi hangat.

4. Tepuk-tepukkan kantung teh ke mata yang merah dan diamkan selama beberapa saat.

5. Celupkan kembali ke air teh tadi, peras sedikit agar airnya tidak menetes dan tepukkan kembali ke mata merah Anda.

READ:  Mata Sering Merah, Gatal dan Berair? Ini Cara Mengatasinya

6. Ulangi langkah tersebut sebanyak 3 hingga 4 kali dan terakhir biarkan kantung teh tinggal selama beberapa saat di mata Anda (kompres).

7. Lakukan hal ini dengan berbaring agar kantung teh menempel pada mata dan tidak jatuh.

**

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi mata merah dengan menggunakan kantung teh hitam. Teh membantu membersihkan mata dengan mengeluarkan kotorannya, selain itu teh juga bisa mengurangi pembengkakan serta mencegah terjadinya iritasi maupun infeksi.

Selamat mencoba.

(foto: mivt4h.wordpress.com)

Karena mata merah sangat mudah menular, rajinlah mencuci tangan dengan benar, hindari berbagi handuk dengan orang lain dan jangan menyentuh mata langsung dengan menggunakan tangan Anda