10 Makanan untuk Nutrisi Otak Anak

Loading...

nutrisi sehat anak

Masa kanak-kanak adalah masa yang aktif bermain dan belajar di sekolah. Keaktifan anak harus ditunjang dengan makanan yang menunjang perkembangan otaknya.

“Masa kanak-anak adalah masa yang sangat penting bagi perkembangan otak, dan apa yang mereka makan mempengaruhi fokus dan keterampilan kognitif,” kata Psikiater Drew Ramsey, penulis The Happiness Diet.

Jika Anda ingin memberikan makanan terbaik bagi perkembangan otak buah hati, Anda dapat mencoba 10 jenis makanan yang kaya nutrisi untuk otak anak Anda.

1. Telur

Telur merupakan makanan berprotein tinggi yang mengandung kolin, omega-3, seng, dan lutein yang membantu anak Anda berkonsentrasi.

Bekali anak Anda dengan orak-arik terlur yang disisipkan di dalam lipatan roti gandum untuk makan siangnya.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung mengandung folat, vitamin dan sulforaphane. Sulforaphane adalah molekul yang berkhasiat detoksifikasi (membesihkan racun) dan membantu perkembangan sel-sel otak yang baru tumbuh.

Buatlah omelet telur yang dicampurkan dengan bayam atau kangkung yang telah dicacah halus.

READ:  Vitamin Penting untuk Pertumbuhan Anak

3. Ikan

Lemak ikan merupakan sumber vitamin D dan omega-3 yang baik, yang melindungi otak dari penurunan daya kognitif. Salmon, tuna, dan sarden kaya akan omega-3.

4. Daging Organik

Daging adalah sumber protein tinggi yang membantu perkembangan sel-sel otak.

Namun, pestisida banyak tersimpan di lemak hewani. Jadi, pilihlah daging yang bebas pengawet, pewarna, penyedap, dan pemanis.

5. Apel dan Plum

Anak-anak biasanya senang makanan manis, terutama ketika mereka merasa malas atau lesu. Apel dan plum mengandung quercetin, yaitu antioksidan yang dapat melawan penurunan daya kognitif.

Sering-seringlah bekali anak Anda dengan apel dan plum yang telah dicuci bersih. Cucilah apel dan plum dengan air hangat untuk menghilangkan lapisan lilin pengawet pada kulitnya.

6. Kembang Kol Ungu

Kembang kol adalah jenis makanan yang rendah gula, tinggi serat dan penuh dengan kandungan folat dan vitamin B6 yang membantu mengatur suasana hati, mempertajam memori dan fokus.

Kembang kol juga mengandung anthocyanin yang membantu melawan peradangan.

READ:  6 Alasan Mengapa Menjewer Tidak Baik Untuk Perkembangan Anak

7. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein, asam lemak esensial, vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga suasan hati agar tetap positif.

Biji bunga matahari mengandung folat vitamin E dan selenium. Anda juga bisa sering-sering membuat makanan berbahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe.

8. Havermut

Havermut mengandung protein dan kaya serat yang membantu menjaga jantung, otak dan arteri buah hati Anda.

Anak-anak yang mengkonsumsi oatmeal terbukti melakukan tugas-tugas akademik yang berhubungan dengan memori lebih baik daripada anak-anak yang makan sereal bergula.

Hidangkan oatmeal yang ditaburi dengan bubuk kayu manis. Rempah-rempah dapat melindungi sel otak anak Anda.

9. Yogurt

Lemak penting untuk kesehatan otak anak-anak. Yogurt mengandung lemak baik yang dapat membantu menjaga membran otak agar lebih fleksibel, sehingga otak mudah mengirim dan menerima informasi.

Jenis yogurt yang sangat baik untuk anak-anak adalah Yogurt Yunani karena mengandung protein yang lebih tinggi ketimbang jenis yoghurt lainnya.

10. Kunyit

Kurkumin dalam kunyit benar-benar dapat membuat otak tumbuh, mengurangi radang dan mengurangi resiko Alzheimer. Kunyit juga dapat menghilangkan amis pada ikan atau ayam.

READ:  Ini Dia 5 Perbedaan Teh dan Kopi

Cobalah baluri tahu, ikan atau ayam dengan kunyit sebelum dimasak. Atau, Anda dapat mengajak si buah hati makan di restoran India yang sering menggunakan kunyit sebagai bahan masakan.

**

Itulah 10 makanan untuk nutrisi otak anak. Dalam masa tumbuh kembang anak dibutuhkan nutrisi cukup agar pertumbuhan fisiknya sehat dan perkembangan otaknya menjadi sempurna.

(foto: healthyforkids.net)