Terapi Penggantian Nikotin

Loading...

No SmokingNo Smoking

Mengganti nikotin ternyata dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok. Ia disebut dengan Nicotine Replacement Therapy (Terapi Penggantian Nikotin). Simak artikel berikut yang membahasnya lebih lanjut, dikutip dari webmd.com.

Apa itu Terapi Penggantian Nikotin?

Terapi Penggantian Nikotin (TPN) adalah metode yang populer digunakan untuk berhenti merokok. Nikotin pada rokok dalam bentuk lozenges dan patch perlahan-lahan melepaskan nikotin ke dalam mulut sementara produk TPN menempel pada kulit dan nikotin terlepas ke dalam aliran darah melalui kulit.

Bagaimana cara kerjanya?

TPN bekerja dengan mengurangi keinginan terhadap nikotin dengan memberikan nikotin bagi tubuh. Produk dapat berisi hampir setengah jumlah nikotin yang ditemukan dalam rokok. Kecanduan nikotin terjadi karena zat ini melepaskan bahan kimia yang memberikan perasaan nyaman seperti norepinefrin dan dopamin di otak. TPN dapat mengganti rokok dengan meningkatkan kadar zat kimia otak yang disebutkan di atas. Dengan demikian, produk TPN menggantikan efek yang dialami oleh merokok. Penggunaan produk TPN dapat perlahan dikurangi untuk mengatasi ketagihan nikotin dan ketergantungan.

READ:  Hubungan Obesitas dan Paparan BPA

Siapa yang harus menghindari TPN?

TPN harus dihindari oleh wanita hamil dan pasien jantung. Menggunakan produk TPN selama kehamilan dapat menyebabkan berat badan lahir rendah. Juga tidak dianjurkan untuk pasien jantung yang menderita sakit dada atau detak jantung yang cepat. Anak-anak di bawah 18 juga harus menghindari produk TPN karena hampir semuanya diuji pada pengguna dewasa.

Keefektifan Terapi Penggantian Nikotin

Survei mengungkapkan bahwa menggunakan produk TPN dapat melipatgandakan kemungkinan berhenti merokok. Semua produk bisa sama-sama efektif jika digunakan dengan benar. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda tentang menggabungkan TPN untuk meningkatkan kesempatan Anda untuk berhenti. Selain TPN, mintalah bantuan dari kelompok pendukung, konselor dan spesialis untuk berhenti merokok untuk selamanya dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Efek samping dari Terapi Penggantian Nikotin

Efek sampingnya biasanya ringan dan berhenti hanya bagi sebagian kecil orang untuk terus menggunakan produk TPN. Tapi tiba-tiba menghentikan penggunaan produk ini dapat menyebabkan gejala penarikan diri dari nikotin. Jadi disarankan untuk secara bertahap mengurangi dosis bukannya berhenti tiba-tiba.

READ:  Efek Samping Implan Payudara

Tips menggunakan TPN untuk berhenti merokok

Anda harus berhati-hati tentang penggunaan produk TPN karena terlalu banyak nikotin dapat menyebabkan muntah, kebingungan, mual dan sakit kepala. Tetapi jika Anda tidak mengambil dosis yang cukup setiap hari, Anda bisa menderita kambuh. Hindari minum minuman asam seperti soda pop, jus dan kopi selama sekitar 15 menit sebelum dan setelah menggunakan produk ini. Hal ini disarankan karena asam yang terkandung dalam minuman dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap nikotin dengan baik.

Terapi Penggantian Nikotin secara efektif dapat membantu atau berbalik memperparah pecandu rokok. Kuncinya adalah untuk bertahan dan mengambil produk TPN dalam dosis yang tepat setiap hari. Mintalah saran dokter sebelum Anda mulai menggunakan lebih dari satu produk TPN secara bersamaan.

(photo: cornwallfreenews.com)