Tips Cerdas Memanfaatkan Kertas Bekas

Loading...

memanfaatkan kertas bekasKetika memiliki tumpukan kertas atau koran bekas di rumah, kebanyakan orang akan bingung dan tidak tahu harus melakukan apa terhadap tumpukan kertas bekas tersebut. Alih-alih dibakar atau ditimbang, sebenarnya ada kegunaan lain yang bisa Anda manfaatkan dari kertas bekas.

Berikut ini adalah cara cerdas untuk memanfaatkan limbah kertas di rumah.

Membersihkan Kaca

Menggunakan kertas bekas untuk membersihkan kaca merupakan salah satu cara cerdas yang dapat Anda lakukan.

Rendamlah kertas ke dalam air lalu peras dan kemudian bersihkan perabotan rumah Anda yang terbuat dari kaca, seperti meja kaca, guci, vas bunga atau kaca jendela. Setelah itu lap kembali perabotan kaca dengan menggunakan kertas bekas yang kering.

Pengalas Rak dan Lemari

Kertas dan koran bekas dapat Anda gunakan sebagai pengalas rak buku atau lemari Anda untuk melindunginya dari noda dan kerusakan.

Sebelum menata pakaian di lemari, buku, atau sepatu pada rak, berilah kertas bekas sebagai pangalas. Hal ini membantu mencegah rak dan lemari dari kerusakan serta menjaganya agar tetap bersih.

READ:  Mencontek Gaya Sanggul Modern Pengantin Barat

Membantu Pengeringan

Ada saat dimana Anda sedang terburu-buru ke kantor namun sepatu Anda rupanya masih basah sehabis dicuci, usapkanlah kertas bekas ke dalamnya.

Begitu juga ketika Anda secara tidak sengaja menumpahkan minuman di atas meja, segeralah usapkan dengan kertas bekas. Kertas dikenal mampu menyerap air dengan baik, ini adalah solusi darurat yang dapat Anda lakukan.

Dekorasi Rumah

Anda bisa menuangkan kreativitas Anda dengan membuat hiasan-hiasan rumah cantik dari kertas bekas. Ini adalah cara yang paling murah dan tentunya ramah lingkungan untuk mengubah tampilan rumah Anda.

Kertas bekas dapat Anda gunakan untuk membuat bunga, bingkai foto, dan sebagainya.

Membuat Origami

Anak-anak selalu suka diberi mainan baru, lalu mengapa tidak mencoba untuk membuat mainan dari kertas bekas? Anda bisa membuat origami seperti perahu, binatang, dan bentuk lainnya untuk diberikan kepada Anak Anda.

Selain bermain, Anda juga bisa mengajarkan hal-hal baru pada anak melalui origami.

Menjaga Sayuran Tetap Segar

Membungkus sayuran hijau dengan kertas dapat membantu menjaga kesegaran sayuran lebih lama. Selain sayuran, buah dan roti juga dapat Anda bungkus menggunakan kertas.

READ:  Bagaimana Cara Mengatasi Sahabat Posesif?

Sebagai Anti Karat

Kertas dapat mencegah timbulnya karat pada panci dan peralatan besi lainnya. Kertas menyerap kelembaban sehingga baik digunakan setelah mencuci peralatan. Ini adalah hal menakjubkan yang bisa Anda manfaatkan dari kertas bekas.

**

Itulah beberapa tips cerdas yang bisa Anda coba untuk memanfaatkan kertas bekas. Jadi ketika Anda menemui tumpukan kertas bekas entah itu koran, majalah atau tabloid, jangan buru-buru dibuang atau dibakar. Karena Anda masih bisa memanfaatkan kertas tersebut untuk kegunaan lain.

(foto: scienceprogress.org)