Tips dan Trik Mengakali Dapur Mungil agar Terkesan Lebar

Loading...

tips dekorasi dapurTidak semua orang bisa memiliki ruang dapur yang sesuai dengan keinginan. Banyak dari kita malah selalu disulitkan oleh kondisi luas ruang dapur yang kecil dan membatasi gerak gerik di dapur.

Sebenarnya jika kita lebih pintar menyiasati dan mengakali keterbatasan ruang dapur ini, maka dapur berukuran kecil pun bisa menjadi pilihan yang tidak menghalangi kegiatan di dapur.

Kuncinya hanya bagaimana cara kita menata, bagaimana menyiasati ruang yang sempit tersebut menjadi ruang yang cukup nyaman hanya dengan mengkreasikan desain dan penataan dekorasi dapur yang tepat.

Jadi, meskipun ruang gerak anda terbatas, dengan kreasi dan dekorasi yang kreatif dapur anda akan jauh lebih nyaman.

Dapur kecil memang sebuah tantangan bagi ibu-ibu, sehingga beberapa ibu-ibu berinisiatif melakukan dekorasi dan tata ruang yang apik yang menjadikan dapur terkesan lebih luas, lebih bersih, lebih lega dan lebih nyaman.

Bisa saja dengan memaksimalkan pencahayaan, memilih warna cat yang tepat, hingga memilih jenis peralatan dapur yang tidak terlalu besar dan butuh banyak ruang penyimpanan serta desain yang lebih pintar dan segar.

READ:  5 Tips Dekorasi Ruang Keluarga

Berikut ada beberapa tips  kreasi dalam menata dan mendesain dapur yang kecil menjadi dapur yang lebih berkesan lega dan nyaman.

1. Warna cat

Pilihlah warna cat interior dapur yang lebih muda dan cerah. Jika bisa, gunakan ventilasi udara yang cukup dengan memberi pintu jendela dan pintu dapur dari kaca, sehingga ruang dapur terasa lebih ringan dan lega.

Hindari warna-warna gelap. Selain mengundang nyamuk dan jadi tempat persembunyian nyamuk, warna gelap cukup diaplikasikan untuk sedikit bagian saja, misalnya pada pelapis atas meja dapur yang terbuat dari bahan marmer atau granit.

2. Wallpaper

Jika anda penyuka wallpaper atau wall stiker, ini bisa menjadi pilihan. Misalnya menempelkan wallpaper dengan pola khusus untuk menjadi center point dapur anda.

3. Kaca dan cermin

Dinding dapur juga bisa menggunakan kaca atau cermin agar kesan luas semakin terasa. Namun pemakaian kedua item ini sebisa mungkin disesuaikan warna dan jenisnya dengan kabinet dinding di dapur anda.

4. Meja makan

Jika anda berniat mempunyai dapur bersih untuk berkumpul keluarga makan malam, cukup gunakan meja kecil berukuran empat kursi maksimal.

READ:  Pengaruh Warna Cat Terhadap Suasana Hati

Usahakan memilih meja makan dengan kursi yang bisa diselipkan ke bawah meja sehingga tidak banyak memakan tempat. Anda juga bisa membuat meja bar sekaligus meja makan agar menghemat penggunaan ruangan.

5. Cahaya

Pastikan dapur anda cukup pencahayaan. Pencahayaan yang cukup sekaligus akan menghemat energi. Pada siang hari, Anda tak perlu menyalakan lampu karena telah memperoleh limpahan cahaya matahari dari luar.

Selain itu, dapur dengan cukup cahaya matahari akan tampak lebih nyaman dan bebas bakteri.

6. Lantai keramik

Jika lantai keramik anda selama ini terpasang lurus, anda bisa sedikit melakukan perubahan dengan pemasangan diagonal yang memberi kesan jauh lebih luas.

7. Kabinet

Gunakan kabinet yang penuh sampai plafon untuk tempat penyimpanan peralatan dapur yang jarang digunakan. Hal ini lebih menghemat ruang daripada menyimpan di kabinet rendah yang space sisa ke atasnya masih bisa digunakan.

8. Sink cuci piring

Gunakan sink sederhana untuk cucian piring anda agar tidak memakan terlalu banyak tempat dan pilihlah yang tidak terlalu lebar agar sesuai dengan ruang mungil dapur anda.

READ:  5 Tips Membersihkan Kamar Mandi Dengan Benar

(foto: warnaimpian.com)