Tips Berbisnis Perlengkapan Bayi dan Balita

Loading...

bisnis perlengkapan bayi dan balitaAnak yang masih bayi membutuhkan banyak sekali perhatian dari orang tua. Hal ini disebabkan seorang bayi yang belum mampu mengurus dirinya sendiri. Sementara itu, jumlah bayi terus – menerus meningkat seiring pertumbuhan jumlah manusia.

Memilih dan membeli perlengkapan bayi yang tepat akan sangat berguna untuk tumbuh kembang otak, serta mental dan aktivitas fisik bayi.

Melihat hal ini ada sebuah potensi bisnis yang tidak ada matinya. Selama masih ada orang yang menikah maka bayi akan terus lahir.

Berbisnis perlengkapan bayi memiliki peluang yang lumayan luas. Perlengkapan bayi tidak hanya dibutuhkan oleh pasangan yang akan memiliki anak pertama, tetapi juga oleh keluarga-keluarga lain yang akan melahirkan anak untuk kesekian kalinya.

Selain itu, kebiasaan membawa kado perlengkapan bayi pada saat akikah dan saat ulang tahun anak juga membuka semakin besarnya peluang sukses berbisnis perlengkapan bayi dan balita.

Berikut ini beberapa tips menjalankan bisnis perlengkapan bayi dan balita.

1. Lokasi yang strategis

Pemilihan lokasi yang pas menentukan masa depan bisnis perlengkapan bayi dan balita anda. Anda harus pintar mencari lokasi yang ramai dan terdapat banyak keluarga yang tinggal di sekitarnya. Misalnya di sebuah kompleks perumahan atau di tepi jalan raya yang ramai dilalui kendaraan.

READ:  Kiat Memulai Bisnis Konveksi Rumahan

Namun waspadai jika tempat tersebut banyak saingan anda, sebaiknya mencari lokasi yang tidak memiliki saingan besar.

2. Cari supplier berkualitas

Sebaiknya anda melakukan kerja sama kepada agen atau supplier yang memiliki barang yang berkualitas dan memberikan harga murah. Dengan demikian anda dapat memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

3. Toko yang bersih dan nyaman

Pelanggan yang datang ke tempat anda akan didominasi oleh orang tua dan anak – anak. Sebaiknya rawat dan jagalah selalu kebersihan toko anda dari debu dan sampah.

Bila memungkinkan buatlah tempat bermain untuk anak – anak. Dengan demikian,  anak-anak akan sibuk bermain dan orang tua akan leluasa berbelanja sekaligus merasa lebih tenang karena anaknya tidak rewel dan merengek-rengek.

4. Buat toko selengkap – lengkapnya

Barang – barang yang anda pajang di toko bayi anda sebaiknya harus lengkap mulai dari perlengkapan mandi bayi, perlengkapan makan, perlengkapan tidur dan lain – lainnya. Tidak perlu menyediakan berbagai macam merk untuk 1 jenis alat bayi.

READ:  Tindakan P3K Diare Pada Bayi

Sebaiknya anda juga menyediakan mainan-mainan, juga beragam pilihan pakaian bayi dan balita, sebagai alternatif hadiah untuk orang-orang yang akan menghadiri acara akikah bayi atau ulang tahun anak-anak.

5. Harga yang bersaing

Lakukanlah survey kecil-kecilan ke toko serupa untuk mengetahui perkembangan harga saat ini. Barang-barang yang tersedia di toko perlengkapan bayi dan balita dan balita milik Anda sebaiknya memiliki harga yang tidak jauh berbeda dengan toko lainnya.

Anda bisa membuat perbedaan dalam hal kualitas. Tidak apa-apa barang sedikit mahal, asalkan terjamin kualitasnya. Untuk beberapa barang tertentu, Anda bahkan bisa memberikan garansi selama setahun misalnya.

6. Rajin promosi di mana saja

Bagi toko perlengkapan bayi dan balita yang baru buka, melakukan promosi adalah hal yang mutlak harus dilakukan agar pelanggan dapat mengenal dan mengetahui produk yang ditawarkan.

Anda dapat melakukan promosi melalui berbagai media seperti selebaran, poster, promosi social media, blog, twitter dan toko online. Berikan diskon tertentu untuk menarik pelanggan.

**

READ:  Tumbuh Gigi? Hindari Penggunaan Benzocaine Pada Bayi Anda

Nah, mudah bukan? Tertarik menjalankan bisnis perlengkapan bayi?

(foto: rodensmith.com)