Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Loading...

manfaat jeruk-nipisJeruk nipis adalah salah satu tanaman perdu yang memiliki buah bulat dengan rasa yang asam. Warna buahnya ada yang hijau dan kuning.

Jeruk nipis biasanya digunakan untuk membuat rasa makanan menjadi asam seperti sop atau soto agar rasanya semakin lezat. Namun biasa juga jeruk nipis digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan daging.

Jeruk nipis yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia ini ternyata ditemukan pada wilayah Asia tenggara. Tak heran bila jeruk nipis mudah ditemukan dan dibudidayakan di Indonesia.

Nah, apa saja manfaat jeruk nipis?

1. Menyegarkan kulit dan mencerahkan wajah

Berdasarkan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan vitamin C paling banyak terdapat pada jeruk nipis dibandingkan jenis jeruk yang lainnya.

Sehingga ketika dioleskan pada wajah dapat membantu membuat kulit jadi segar dan mencerahkannya.

2. Menghilangkan racun tubuh

Mengkonsumsi jeruk nipis hangat di pagi hari dapat membantu detoksifikasi dan membuang racun tubuh yang berbahaya di dalam tubuh.

Akibatnya tubuh akan menjadi lebih segar dan sehat.

READ:  Cara Menghilangkan Urat di Tangan

3. Mengatasi anemia

Di dalam buah jeruk nipis mengandung zat besi yang dapat mengatasi anemia.

4. Membantu program diet

Jika selama ini program diet kurang berhasil maka cobalah bantuan jeruk nipis. Kandungan limonin di dalam buah jeruk nipis dapat membantu meminimalisisr produksi kolesterol dan lemak di dalam tubuh kita.

Cobalah tambahkan perasan jeruk pada beberapa jenis makanan anda dan rasakan perbedaannya.

Namun bukan berarti pola makan anda tidak diatur lagi menurut program diet, karena jeruk nipis hanya berperan mengurangi  lemak tubuh.

5. Menghilangkan jerawat

Saat ini ada banyak sekali obat penghilang jerawat yang mengandung ekstrak jeruk nipis.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan jeruk nipis untuk menghilangkan kadar minyak di dalam kulit wajah yang dapat menyebabkan bakteri penyebab jerawat berkembang di dalam kulit kita.

6. Merawat mata dan mencegah penuaan dini

Berbagai jenis infeksi pada mata dapat dicegah dengan menggunakan jeruk nipis.

Hal ini diakibatkan jeruk nipis mengandung zat flavonoid yang membantu merawat mata kita. Selain itu flavonoid juga dapat mencegah kita dari penuaan dini.

READ:  Turunkan Kadar Kolesterol dengan 7 Makanan Ini

**

Nah, demikianlah 6 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh manusia. Ternyata di balik rasa jeruk nipis yang asam menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Karena itu, selalu sediakan jeruk nipis di dapur Anda.

(foto : www.anneahira.com)