Tips Menghindari Kerusakan Rambut Akibat Sinar Matahari

Loading...

perawatan rambut saat terkena matahariAnda mungkin telah menyadari resiko kesehatan dari paparan sinar matahari jangka panjang terhadap kulit.

Tapi bagaimana dengan rambut Anda? Bagaimana Anda bisa menjaga rambut Anda tampak sehat dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari?

Meskipun rambut tidak dapat terbakar matahari, karena terdiri dari sel-sel mati, radiasi ultraviolet panjang gelombang pendek (UVB) dapat melemahkan dan memecah ikatan protein dalam batang rambut dan mencerahkan warna rambut.

Radiasi ultraviolet panjang gelombang menengah (UV A) bisa menghancurkan pigmen warna, itulah sebabnya warna rambut memudar di bawah sinar matahari.

Panas dari matahari melemahkan lapisan luar helai rambut, menyebabkan rambut kering, rapuh, keriting, dan mengakibatkan ujung rambut bercabang.

Untuk mengatasinya, carilah produk perawatan rambut yang melindungi terhadap kerusakan protein dan warna memudar. Seperti dilansir dari Medical Daily, produk tabir surya untuk rambut mencakup benzophenone-4, senyawa larut dalam air yang menyerap sinar UV untuk membantu menjaga warna rambut, atau ethylhexyl methoxycinnamate, filter UV organik yang melindungi rambut dari radiasi UVB.

READ:  Mau Langsing? Masukkan 6 Bahan Alami Ini Dalam Minuman Anda

Perawatan rambut yang mengandung vitamin A, C, dan E menawarkan perlindungan terhadap radikal bebas yang dapat merusak rambut Anda.

Produk Rambut Perlindungan UV Saat Bepergian

Semprotan rambut dirancang untuk mengapung di atas bukan meresap ke dalam batang rambut Anda. Jika Anda lebih memilih produk semprot, ingat bahwa produk tersebut akan berada di atas kutikula dan tidak akan diserap oleh kutikula.

Daya tahan dari produk ini terbatas tapi mereka sempurna untuk dibawa saat Anda melakukan perjalanan ke pantai. Produk yang mengklaim menawarkan perlindungan matahari, tetapi tidak memberikan SPF, mungkin tidak memberikan perlindungan tabir surya.

Kondisioner tanpa bilas merupakan cara yang baik sebelum Anda memulai hari Anda. Ia memberikan rambut Anda dengan lebih banyak kelembaban, memperkuat.

Produk Rambut Perlindungan UV Jangka Pendek

Saat Anda membilas rambut Anda, semua bahan yang melindungi rambut Anda terhadap kerusakan akibat matahari akan terbasuh, meninggalkan helai rambut Anda rentan terhadap sinar UV.

Ingatlah untuk membedakan antara produk perawatan rambut yang merupakan tabir surya dan yang hanya menawarkan perlindungan kerusakan akibat matahari.

READ:  7 Trik Mengatasi Rambut Berminyak

Produk Rambut Perlindungan UV Jangka Panjang

Ingatlah untuk mengkondisikan rambut Anda selama musim kemarau untuk mencegah kerusakan akibat matahari.Kondisioner – idealnya digunakan hanya sekali seminggu – akan membantu memulihkan daya tahan dan warna rambut Anda.

Bagi mereka yang menggunakan pengering rambut atau styler panas, menggunakan kondisioner dengan mendalam sangat penting karena rambut Anda terkena panas yang berlebihan, terlebih lagi di musim kemarau.

Bagi mereka yang memiliki rambut halus dan rentan terhadap kerusakan, gunakan produk berbasis protein. Bagi mereka yang memiliki rambut tebal dan kasar, produk berbasis kelembaban akan menjadi yang terbaik, seperti yang dikatakan Nelson Chan, penata gaya selebriti dan pemilik salon Nelson J di Beverly Hills, California.

(foto: dishaustin.com)