Osteoporosis Pada Pria

Loading...

Osteoporosis Pada PriaOsteoporosis mungkin saja terjadi pada pria

Osteoporosis adalah penyakit yang menyebabkan kerangka tulang melemah dan berpotensi gampang patah. Ini merupakan ancaman yang serius karena satu dari empat pria di atas usia 50 akan memiliki patah tulang karena osteoporosis.

Survei menunjukkan bahwa mayoritas pria menganggap bahwa osteoporosis itu adalah penyakit wanita. Tak banyak pria yang menyadari bahwa osteoporosis juga bisa menyerang kaum pria.

Osteoporosis disebut “silent disease” karena berlangsung tanpa gejala dan baru akan diketahui sampai patah tulang terjadi. Pria memiliki kerangka yang besar, keropos yang terjadi pada tulang membuat mereka bergerak lebih lambat. Mereka tidak mempunyai periode dimana hormonal bisa berubah seperti pada waktu perempuan menstruasi. Namun, akhir-akhir ini telah banyak yang menganggap bahwa osteoporosis yang terjadi pada pria juga merupakan masalah yang penting. Terutama mengingat perkiraan bahwa jumlah laki-laki di atas usia 70 akan terus meningkat karena harapan hidup terus meningkat.

Jelas, informasi lebih lanjut diperlukan mengenai penyebab dan pengobatan osteoporosis yang terjadi pada pria, dan para peneliti mulai beralih meneliti apa yang dapat menyebabkan pria terkena osteoporosis serta bagaimana cara pencegahannya.

READ:  Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

Sebagai contoh, para peneliti yang didukung oleh National Institutes of Health sedang mempelajari berapa banyak risiko patah tulang pada pria berhubungan dengan massa tulang dan struktur, biokimia, gaya hidup, kecenderungan untuk jatuh, dan faktor lainnya.

Hasil dari studi tersebut akan membantu dokter untuk lebih memahami bagaimana mencegah, mengelola, dan mengobati osteoporosis pada pria.

(photo: naturaltherapypages.com.au)