Manfaat Tahu dan Variasi Penyajiannya

Loading...

manfaat tahu

Penelitian menunjukkan bahwa protein dan isoflavon pada kedelai membantu mencegah penyakit jantung dan meringankan gejala menopause.

Selain itu, produk kedelai, termasuk tahu, menyediakan berbagai macam vitamin dan mineral, serta asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk kesehatan. Anda pasti sudah tahu bahwa tahu akan menjadi tambahan sehat dalam makanan Anda.

Tahu bervariasi dalam tekstur. Tahu lembut memiliki tekstur halus dan karena itu lebih cocok untuk saus salad, saus dan makanan penutup, sementara tahu padat dan ekstra-padat paling baik dibakar, tumis-goreng dan dipanggang.

Jika Anda memilih tahu atas dasar kandungan lemak, semakin padat tahunya biasanya semakin tinggi lemaknya, dan tahu yang paling lembut paling rendah lemaknya.

Manfaat Kesehatan Tahu

Tahu merupakan sumber protein yang sangat baik, protein kedelai khususnya, serta berbagai nutrisi lain yang diperlukan untuk kesehatan yang baik.

Beberapa manfaat dari tahu di antaranya ialah:

  • Memberikan manfaat kardiovaskular

Penelitian tentang protein kedelai dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan bahwa asupan rutinnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total sebanyak 30%, menurunkan kadar LDL dan trigliserida.

READ:  Cara dan Tips Sederhana Menghilangkan Panu

Selain itu, juga mengurangi kecenderungan trombosit untuk membentuk bekuan darah, dan bahkan mungkin meningkatkan kadar HDL.

  • Membantu mengurangi gejala menopause

Makanan kedelai, seperti tahu, mengandung fitoestrogen, khususnya isoflavon, genistein dan diadzein. Dalam tubuh wanita, senyawa ini bisa berlabuh di reseptor estrogen dan bertindak seperti estrogen yang sangat-sangat lemah.

Hasil uji coba menunjukkan bahwa intervensi isoflavon kedelai juga dapat mempromosikan resorpsi tulang dan karena itu menghambat osteoporosis postmenopause.

  • Kaya mineral

Tahu kaya akan mineral untuk energi dan perlindungan antioksidan. Tofu merupakan sumber yang sangat baik dari besi.

Besi terutama digunakan sebagai bagian dari hemoglobin, molekul penting untuk produksi energi karena bertanggung jawab untuk mengangkut dan melepaskan oksigen ke seluruh tubuh.

Tapi sintesis hemoglobin juga bergantung pada tembaga. Tanpa tembaga, besi tidak dapat benar dimanfaatkan dalam sel darah merah. Untungnya, kedua mineral disediakan dalam tofu.

  • Asam lemak omega 3

Tahu menyediakan 14,4% dari nilai harian untuk lemak omega-3 yang sangat bermanfaat hanya dalam 4 ons.

READ:  8 Cara Efektif Menambah Berat Badan Dengan Aman

Omega-3 membantu mencegah irama jantung tidak menentu, mengurangi kemungkinan bekuan darah dalam arteri (yang merupakan penyebab utama dari sebagian besar serangan jantung), dan meningkatkan rasio HDL hingga LDL.

Dan akhirnya, dengan mengurangi peradangan, lemak esensial berperan dalam mencegah kolesterol dari menyumbat arteri.

  • Nutrisi lainnya

Beberapa nutrisi lainnya dalam tahu sangat membantu untuk kondisi lain.

Selenium, misalnya, diperlukan untuk fungsi yang tepat dari sistem antioksidan, yang bekerja untuk mengurangi kadar radikal bebas yang merusak dalam tubuh. Selain itu, selenium terlibat dalam perbaikan DNA.

Variasi Penyajian Tahu

Sekarang Anda siap untuk mulai bereksperimen dengan tahu:

1. Mulailah dengan sesuatu yang cepat dan mudah, tumis misalnya. Pilih sayuran favorit Anda dan tahu lembut.

2. Sekarang, pikirkan tahu untuk pencuci mulut. Tekstur yang lembut sangat ideal untuk makanan penutup, dan bahkan dapat digunakan sebagai pengganti produk susu dalam mousse, puding, dan kue krim.

3. Buat smoothie buah lezat untuk sarapan atau camilan bergizi dengan memadukan tahu lembut dengan buah-buahan favorit Anda (dan tebu atau madu secukupnya) dalam blender atau food processor.

4. Tahu panggang yang diasinkan dapat disajikan dalam salad atau sandwich. Gunakan minyak zaitun sebagai dasar untuk acar dan tambahkan bumbu pilihan Anda. Beberapa favorit kami termasuk tamari, bawang putih dan jahe.

READ:  Manfaat Buah Ceri Bagi Kesehatan

5. Tahu di-scramble bersama dengan sayuran favorit Anda dan kunyit untuk memberikan warna seperti kuning telur.

Hidangan lezat ini dapat disajikan seadanya atau dapat digunakan sebagai dasar untuk “tahu rancheros” dengan dibungkus dengan tortilla lalu disajikan dengan kacang hitam dan salsa.

(foto: thekitchn.com)