5 Jenis Makanan Yang Dapat Memperbaiki Mood

Loading...

makanan memperbaiki moodBeberapa studi telah membuktikan bahwa makanan dapat mempengaruhi suasana hati kita, secara langsung maupun tidak langsung.

Makanan memiliki pengaruh langsung dapat diartikan seperti berikut ini.

Anda dikunjungi seseorang yang membawakan makanan yang benar-benar Anda sukai saat makan siang, atau istri Anda membuat sarapan pagi kesukaan Anda untuk dibawa ke kantor.

Kedua hal tersebut secara langsung akan meningkatkan suasana gembira dan mempengaruhi hati Anda.

Selain itu, makanan juga mempengaruhi suasana hati kita secara tidak langsung. Logikanya sederhana.

Makanan yang Anda konsumsi secara tidak langsung akan membuat Anda merasa senang, entah dari soal rasa makanan atau cara penyajiannya.

Beberapa jenis makanan juga mengandung zat tertentu yang akan mempengaruhi suasana hati Anda. Yang paling terkenal adalah cokelat. Anda pernah mendengar bukan, jika sedang bersedih, makanlah coklat maka suasana hati Anda akan membaik.

Seperti sebuah slogan yang mengatakan makanan yang sehat dan tepat akan membuat hari Anda bahagia. Jadi, Anda bisa memilih makanan yang tepat untuk mengubah suasana hati Anda saat Anda mengalami hari yang buruk.

READ:  Jenis Makanan Sehat untuk Usia 50 Tahun

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat mengubah suasana hati Anda.

1. Cokelat

Kita sering mendengar bahwa cokelat merupakan obat terbaik untuk menyembuhkan patah hati. Sebagian wanita akan mengkonsumsi cokelat atau kue yang penuh dengan cokelat saat merasa sedih atau baru saja putus dari pacarnya.

Hal ini dikarenakan cokelat mengandung antioksidan dan anti-depresan yang dapat mengubah secara langsung suasana hati Anda setelah mengkonsumsinya atau secara tidak langsung dapat meredakan emosi dan rasa amarah Anda.

2. Es krim

Es krim hampir memiliki kesamaan dengan cokelat, hanya saja es krim lebih baik dari cokelat. Saat mengkonsumsi es krim, ada dua keuntungan yang didapatkan, pertama adalah suasana hati yang tenang dan yang ke-dua dapat mendinginkan pikiran Anda secara tidak langsung.

Para ilmuwan telah membuktikan bahwa menelan sesendok es krim dapat menunjukkan efek langsung pada otak. Mereka menutup-nutupi perasaan kekecewaan dan kegagalan yang Anda rasakan.

3. Keju

Seperti yang kita tahu, keju terbuat dari susu yang memiliki kandungan protein dan lemak yang tinggi. Nah, kandungan susu pada keju yang membantu otak membentuk serotonin. Bahan kimia inilah yang memiliki kekuatan untuk menenangkan pikiran Anda.

READ:  4 Bahaya Balita Mengonsumsi Teh

Keju juga membantu untuk mengurangi stres dan meningkatkan mood Anda. Jadi jangan ragu meminta pelayan untuk menambahkan beberapa tambahan topping keju untuk pizza Anda.

4. Buah-buahan

Merasa jengkel dan marah? Nanas, jeruk, pisang, blueberry dan stroberi akan membantu Anda. Buah-buahan segar yang kaya akan antioksidan dan vitamin C ini dapat menyegarkan pikiran Anda dan membuat Anda ceria kembali.

Anda dapat membuatnya menjadi salad buah yang lezat ditambahkan dengan sedikit keju atau cokelat untuk meremajakan suasana hati Anda kembali.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti buncis, kenari, almond dan biji bunga matahari sangat sempurna untuk mengembalikan suasana hati Anda.

Kandungan  protein dan serat, mineral dan lemak omega-3 di dalamnya memiliki kemampuan untuk dapat membuat Anda merasa lebih baik, setelah konsumsinya. Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk cemilan atau snack yang dijual di pasaran.