Tips dan Cara Mudah Belajar Bahasa Asing

Loading...

cara mudah belajar bahasa asingTidak semua orang memiliki bakat alami untuk dapat mempelajari bahasa asing dengan mudah. Banyak dari kita yang berpikir bahwa itu bakat atau kemampuan khusus dari lahir.

Sebenarnya, bahasa asing bisa saja dipelajari dan dikuasai dengan baik dengan cara-cara yang tepat. Lalu, apa sebenarnya manfaat yang didapat dengan mampu berbahasa asing, yaitu bahasa diluar bahasa ibu?

Di bidang pekerjaan misalnya, tentu kita menyadari bahwa kemampuan berbahasa asing saat ini juga diperlukan. Hampir di semua bidang pekerjaan, jika kita menguasai satu atau beberapa bahasa asing, hal tersebut dapat menjadi poin tambahan untuk kita.

Beberapa bidang pekerjaan seperti pariwisata, pendidikan maupun marketing sebagian besar juga berhubungan langsung dengan bahasa asing.

Terlebih lagi saat ini, dimana dunia menjadi semakin global dan pergaulan pun semakin luas, dapat berbahasa asing dapat sangat menguntungkan kita.

Saat travelling misalnya, bukanlah lebih baik jika sebelumnya kita belajar sedikit tentang bahasa di negara atau tempat tujuan? Banyak masalah yang timbul saat berwisata hanya karena masalah bahasa.

READ:  7 Tips Mudah Bergaul dengan Kawan Asrama

Tidak hanya untuk anak-anak dan mereka yang berusia muda saja, semua orang dari berbagai umur juga dapat belajar bahasa asing.

Sebuah situs kesehatan memaparkan bahwa dengan mempelajari bahasa asing, fungsi otak frontal pada usia tua akan meningkat. Selain itu, semakin muda anda memulai mempelajari bahasa asing, otak anda akan tetap awet muda.

Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa  otak orang bilingual lebih tajam dan lincahserta cepat bereaksi terhadap situasi maupun dalam mengambil keputusan.

Saat ini pun menjadi sebuah tren mempelajari beberapa bahasa asing. Selain bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang paling banyak dipelajari, bahasa asing lainnya seperti Jerman, Perancis, Jepang, Cina hingga Korea juga tak kalah menariknya.

Untuk mempermudah belajar bahasa asing, simak tips dan cara belajar bahasa asing dari kami.

1. Motivasi

Kalimat “Saya senang lagu-lagu berbahasa Korea, tapi apa artinya ya?” maupun “jika saya pergi ke Perancis nanti, saya sudah harus bisa menguasai dasar-dasar bahasa Perancis” merupakan contoh motivasi yang dapat memacu kita belajar bahasa tertentu.

READ:  Tips Mengajak Anak agar Mau Belajar

2. Kenali juga budayanya

Tak kenal maka tak sayang. Ya, belajar bahasa asing akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan jika kita juga mengenal negaranya dengan baik.

Selain itu, pengetahuan kita akan suatu negara juga akan bertambah. Gali informasi sebanyak-banyaknya untuk membuat metode belajar anda lebih menarik.

3. Rajinlah mencatat

Siapkan kertas atau buku tulis berukuran kecil yang mudah dibawa kemana saja. Catat setiap anda mendapatkan kata baru agar tidak mudah lupa.

4. Belajarlah dengan rutin

Tak ada hal yang instan di dunia ini. Begitu pula dengan kemampuan berbahasa asing. Belajar dengan rutin akan menghindarkan kita dari lupa akan materi yang baru kita pelajari.

5. Make it fun!

Buatlah metode belajar yang menyenangkan. Tidak hanya dari buku, anda juga dapat belajar dengan mendengarkan lagu berbahasa tertentu, menonton film, berbicara langsung dengan native speaker dan lain sebagainya.

**

Itulah tips dan cara mudah belajar bahasa asing. Pada intinya, menguasai bahasa asing bukanlah hal yang mustahil. Lakukan dengan menyenangkan dan dengan cara anda sendiri. Goodluck!

 (foto: fncstatic.com)