8 Khasiat Buah Kurma bagi Kesehatan Manusia

Loading...

manfaat kurmaBuah kurma adalah salah satu jenis makanan pokok negara Timur Tengah. Hal ini disebabkan banyaknya tanaman kurma tumbuh di daerah tersebut.

Walaupun bukan buah endemik Indonesia, tetapi buah ini mudah ditemukan di Indonesia. Terlebih lagi pada bulan Ramadhan, buah kurma akan laris manis.

Buah kurma biasanya dikonsumsi secara langsung dalam kondisi segar atau kering. Namun seiring perkembangan teknologi, kini banyak dijumpai sari kurma untuk dikonsumsi.

Pohon kurma hanya dapat tumbuh pada daerah tanah pasir, baik padat maupun liat. Membutuhkan suhu sekitar 32 derajat Celcius, serta tidak sering terkena air hujan sehingga hanya cocok hidup pada daerah Timur Tengah. Kurma yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera dapat tumbuh hingga mencapai usia 100 tahun, dan baru dapat menghasilkan buah pada umur 8- 10 tahun.

Nah apa saja manfaat  kesehatan dari buah kurma?

1. Menyembuhkan radang usus

Buah kurma mengandung nikotinat yang berfungsi untuk mengontrol bakteri di dalam usus kita. Sehingga mengkonsumsi buah kurma dapat menyembuhkan radang usus dan beberapa penyakit masalah usus lainnya.

READ:  4 Cara Terbaik Mencuci Buah dan Sayur

2. Mencegah pendarahan pada wanita

Pada wanita yang sedang melahirkan tak jarang mengalami pendarahan. Kandungan hormon oxytocine di dalam buah kurma basah dapat mencegah terjadinya pendarahan dan mempercepat pengembalian rahim pada kondisi semula.

3. Mencegah stroke dan mengatur tekanan darah

Penyakit stroke dapat dicegah terlebih dahulu dengan mengkonsumsi buah kurma secara teratur. Sebab di dalam buah kurma terdapat unsur kalium yang sangat tinggi untuk mengatur denyut nadi jantung dan membantu mengatur tekanan darah.

4. Pengurang rasa sakit dan demam

Salah satu bahan baku pembuatan aspirin adalah salisilat yang juga terkandung di dalam buah kurma. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit dan demam pada tubuh manusia.

5. Memelihara mata

Buah kurma adalah salah satu sumber vitamin A. Sehingga buah kurma dapat membantu memelihara kelembaban mata, menguatkan mata dan meningkatkan kejelian mata kita.

6. Sumber energi

Menurut penelitian, kalori dan glukosa yang terkandung dalam buah kurma sangatlah tinggi. Hal inilah yang menyebabkan buah kurma cocok digunakan sebagai pembatal puasa pada saat berbuka puasa. Kalori dan yang tinggi akan segera menggantikan energi yang hilang.

READ:  Bahaya Meminum Soda Terlalu Banyak

7. Metabolisme tubuh

Mengkonsumsi buah kurma sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh Anda agat tetap stabil. Mineral, vitamin, gula, serta kalori yang terkandung dalam buah kurma sangat seimbang sehingga cocok untuk dijadikan cemilan untuk Anda yang sedang diet.

8. Jantung sehat

Salah satu rahasia agar jantung tetap sehat adalah rutin mengkonsumsi ramuan kurma sebanyak dua kali seminggu. Ramuan ini dapoat dibuat dengan menghaluskan buah kurma dan mencampurnya dengan air.

**

Itulah 8 khasiat buah kurma untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Foto : tiniofadli.blogspot.com