Kesalahan Umum Pada Saat Berdiet

Loading...

DietUntuk diet yang sukses, dibutuhkan usaha, kesabaran dan komitmen

Banyak dari kita yang sudah berusaha untuk menurunkan berat badan namun tidak pernah berhasil. Kadang kala bukan karena kita yang kurang usaha tapi cara yang digunakan salah, tidak mengikuti prosedur yang benar dan akhirnya gagal. Lalu apa saja kesalahan yang umum dilakukan ketika sedang berdiet?

Menghadiah Makanan Pada Diri Sendiri

Kadang kita menahan lapar dan memutuskan untuk makan lebih sedikit dari biasanya ketika makan siang atau pada saat sarapan namun malah mengkonsumsi cake keju pada malam hari. Meskipun dalam porsi kecil cake keju penuh dengan lemak dan kalori yang bisa jadi membuat tubuh Anda menggemuk. Jangan pernah menghadiahi makanan pada diri sendiri yang bisa merusak diet setelah Anda berusaha mengontrol makan.

Harapan Yang Tidak Realistis

Kebanyakan orang berharap hasil yang maksimal sementara usahanya sendiri masih minimal. Mengurangi makan bahkan tidak makan beberapa hari lalu makan dengan banyak di hari selanjutnya. Sebaiknya, kurangi porsi makan Anda tapi lakukan dengan rutin. Selain itu jangan lupa istirahat yang cukup agar tubuh tetap fit.

READ:  Sindrom Munchausen, Sindrom Pura-Pura Sakit

Jangan Memaksa Diri Sendiri

Jangan  paksa diri Anda berdiet hanya untuk menurunkan berat badan. Karena itu hanya akan membuat Anda stress dan kondisi tubuh jadi lemah. Tapi, terapkan bahwa Anda berdiet agar tubuh lebih sehat. Letakkan makanan di piring dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya sehingga Anda tidak akan mengkonsumsi lemak dan kalori yang berlebihan. Ini penting karena kebanyakan orang malah lebih banyak mengkonsumsi kalori daripada membakar kalori.

Melewatkan Waktu Makan

Sengaja meng-skip makan adalah hal terburuk dalam berdiet. Ketika Anda melewatkan waktu makan, Anda justru tanpa sadar akan makan lebih banyak saat makan berikutnya karena terlalu lapar. Lagipula, bila Anda melewatkan makan, tubuh tidak akan mendapatkan asupan nutrisi dan kalori yang cukup untuk beraktifitas. Inilah yang biasanya menyebabkan tubuh merasa lemas. Tapi, perlu diingat bahwa konsumsi makanan yang mengandung kalori perlu dibatasi.

Diet untuk menurunkan berat badan membutuhkan kerja keras dan kesabaran karena tidak mudah untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Cobalah untuk meminta pendapat para ahli gizi agar Anda mendapatkan saran bagaimana cara terbaik yang bisa Anda lakukan. Good Luck ^^

READ:  Bagaimana Diet Hibernasi Bekerja?

(photo: policymic.com)