10 Warna Dekorasi Kamar Tidur Terbaik

Loading...

warna kamar tidur terbaikMemilih dekorasi warna kamar tidur merupakan pilihan mudah bagi kebanyakan orang. Apalagi kalau bukan warna putih? Warna ‘nasional’ kebanyakan rumah.

Warna yang simpel dan tak merepotkan, apalagi kita punya hal lain yang lebih penting untuk dipikirkan.

Akan tetapi, jika Anda memang berniat mengubah dekorasi warna kamar Anda, ada baiknya dipertimbangkan dengan matang. Memilih warna favorit tak selalu merupakan solusi terbaik.

Memang dekorasi warna favorit Anda dapat menjadikan kamar benar-benar menjadi ruangan dengan sentuhan pribadi. Namun, hati-hati. Pilihan warna yang tidak tepat dapat menyebabkan Anda kekurangan waktu tidur.

Setidaknya demikian menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Travelodge terhadap 2.000 rumah di Inggris, sebagaimana dilansir dalam Daily Mail.

Frances Whitney, desainer interior in-house Travelodge menyatakan, “Warna ruangan mempengaruhi mood Anda dan menentukan sifat lingkungan tempat tinggal Anda. Oleh sebab itu amatlah penting memilih dekorasi yang membantu Anda untuk rileks dan menambah waktu tidur.”

Hal ini diperkuat pernyataan Suzy Chiazzari, konsultan Colour Therapy & Holistic Interior Design: “Dekorasi kamar tidur Anda dipastikan dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas tidur setiap malamnya.”

Maka sebelum Anda memilih mengubah dekorasi warna kamar tidur Anda, berikut ini 10 peringkat dekorasi warna tempat tidur yang dapat dijadikan referensi, dimulai dari warna dengan hasil survei waktu tidur terburuk.

10. Purple

Secara mengejutkan, hasil survei dari Travelodge menunjukkan bahwa kamar tidur yang menggunakan dekorasi warna ungu justru menghasilkan waktu tidur paling buruk bagi penghuninya. Dengan waktu paling sedikit dibandingkan yang lain, yakni waktu tidur rata-rata selama 5 jam 56 menit.

Masih menurut Suzy Chiazzari, “Ungu memiliki koneksi yang kuat dengan kalangan seniman sebagai warna yang dilaporkan menstimulasi kreativitas dan pikiran bawah sadar. Oleh sebab itu tidur dalam ruangan berwarna ungu cenderung membawa mimpi yang teramat jelas atau bahkan mimpi buruk, menjadikan Anda merasa kelelahan di pagi hari.”

READ:  8 Tips Untuk Merawat dan Membersihkan Perabot Kayu

9. Coklat

Dengan waktu rata-rata 6 jam 5 menit, warna coklat sedikit lebih baik dari warna ungu. Jaymie Mccann, reporter Daily Mail menyebut warna ini bersama warna abu-abu sebagai ‘suram dan membuat depresi’.

Namun perlu diingat bahwa survei ini dilakukan di Inggris terhadap rumah-rumah dengan standar di sana. Warna coklat alami pada kayu atau anyaman bambu seperti yang biasa kita temui di pedesaan agaknya tidak cocok dengan deskripsi tersebut.

8. Abu-abu

Sebagai warna yang melekat kaitannya dengan kata ‘mendung’, ‘awan kelabu’, dan ‘debu’, kamar tidur dengan warna abu-abu mencatat waktu 6 jam 12 menit sebagai rata-rata tidur penghuninya.

Pamflet dan brosur perumahan dengan konsep minimalis sering menampilkan warna ini, namun kalau hanya tampak luar sebuah rumah tidak menjadi masalah, asalkan tidak melingkupi dekorasi kamar tidur Anda.

7. Emas

Seperti warna ungu, warna emas juga dikaitkan dengan nuansa yang anggun dan mewah.

Meskipun kerap diasosiasikan dengan hotel-hotel berbintang maupun interior bangunan megah lainnya, namun ternyata orang yang tidur dalam ruangan dengan warna tersebut tak dapat beristirahat dengan nyenyak dimana hasil survei hanya mencatat waktu rata-rata 6 jam 43 menit.

Tak selamanya yang berkilau terang itu bagus. Jangan sampai kamar Anda bernuansa mewah, namun dikarenakan buruknya kualitas tidur setiap malam menjadikannya ‘sangkar emas’ yang mengekang.

6. Merah

Dengan sifat warna merah yang terang dan mencolok, tak mengherankan bila orang-orang masih tergolong kesulitan tidur dalam ruangan bernuansa menyala yang satu ini. Waktu rata-rata yang tercatat dalam survei adalah 6 jam 58 menit.

Berbeda dengan kesan pada warna ungu, merah terkesan glamor ataupun penuh semangat seperti warna pada mobil sport.

READ:  Warna Cat Dinding Dan Makna Dibaliknya

Bukannya memperoleh ketentraman setelah seharian menjalani aktivitas, bisa-bisa Anda begadang semalaman karena adrenalin yang terpompa.

5. Jingga

Warna yang tergolong terang dan ceria ini ternyata jauh lebih baik dibandingkan warna merah karena terpaut 30 menit dengan rata-rata waktu tidur 7 jam 28 menit.

Hasil survei ini cukup menarik dikarenakan angka tersebut adalah waktu tidur yang cukup baik mengingat warna terang menyala diasumsikan mengganggu waktu tidur. Karenanya warna jingga adalah pengecualian.

Selanjutnya pada peringkat lima besar ini, perbedaan waktu tidur dengan peringkat di atasnya berkisar 3-5 menit saja kecuali peringkat 1 yang ‘menang mutlak’. Tergolong tipis, namun angka-angka tersebut diperoleh dari rata-rata hasil survei terhadap 2.000 rumah menjadikan angka tersebut tak bisa dianggap remeh.

4. Silver

Untuk menghindari kerancuan, abu-abu dalam bahasa Inggris disebut ‘grey’, warna silver cenderung perak dan tidak segelap ‘grey’.

Dengan waktu tidur rata-rata selama 7 jam 33 menit, pilihan warna ini adalah alternatif yang lebih baik bagi penggemar desain interior modern dibandingkan warna abu-abu gelap yang terkesan suram.

Responden yang disurvei sebagaimana dilaporkan dalam Daily Mail memiliki kecenderungan berbelanja online di atas tempat tidur, bahkan menjalankan olahraga ringan juga di atas tempat tidur.

3. Hijau

Kamar tidur berwarna hijau melangkah hingga urutan ketiga sebagai dekorasi yang membawa penghuninya tertidur cukup lelap selama 7 jam 36 menit.

Warna yang diasumsikan bersifat terapi bagi mata atas asosiasi eratnya dengan alam dan lingkungan termasuk warna yang cukup ideal bagi kamar tidur Anda.

Tentu dengan catatan, Anda tidak mendekorasi kamar tidur dengan warna hijau elektrik. Warnanya yang cenderung flouresens terasa menusuk mata. Karenanya pilihlah warna hijau yang lembut.

2. Kuning

Anda menyukai warna bunga matahari? Hampir sedikit lagi warna kuning menjadi juaranya. Namun sayangnya bukan itu yang ditunjukkan oleh hasil survei.

READ:  Pembersih Alami untuk Dapur yang Cemerlang

Tertinggal 12 menit dari peringkat pertama akan tetapi kabar baiknya bagi Anda yang menggemari warna ini, kuning cukup ideal!

Waktu tidur rata-rata 7 jam 40 menit dalam survei Travelodge adalah buktinya. Anda tergolong beruntung karena tidak semua warna populer cocok sebagai dekorasi kamar tidur.

1. Biru

Dan inilah dia juaranya dekorasi warna kamar tidur terbaik. Dengan waktu tidur rata-rata dalam survei mencapai waktu 7 jam 52 menit, inilah warna yang paling cocok.

Chris Idzikowski, pakar gangguan tidur dari Edinburg’s Sleep Centre menyatakan, “[…] terdapat reseptor khusus yang disebut sel ganglion dalam bagian retina pada mata kita, yang sangat sensitif terhadap warna biru. Reseptor ini memberi informasi kepada area dalam pada otak kita dimana area tersebut mengontrol ritme tubuh selama 24 jam, serta mempengaruhi bagaimana kita beraktivitas dan bagaimana kita merasa sepanjang hari. Oleh sebab itu, interaksi antara cahaya, istirahat, dan kesegaran saat bangun amatlah penting.”

Lebih lanjut Jaymi Mccann dari Daily Mail menyatakan, warna biru berpotensi “memperlambat detak jantung dan bahkan menurunkan tekanan darah”. Persis seperti yang dibutuhkan untuk beristirahat menyegarkan tubuh.

***

Demikian 10 peringkat dekorasi warna terbaik. Merujuk pada hasil tersebut, Anda bisa memperoleh referensi bagaimana cocoknya mengubah warna kamar tidur Anda.

(foto: maudie88 – flickr.com)