Cara Merawat Sepatu Kulit Yang Basah

Loading...

Sepatu KulitSepatu Kulit

Sekarang sudah memasuki musim hujan. Bila Anda termasuk orang yang senang mengenakan sepatu yang terbuat dari kulit tentunya Anda pasti merasa kesal ketika sepatu Anda basah. Sepatu kulit yang basah akan berbau dan menjadi cepat rusak. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara merawat sepatu kulit yang basah

1. Keringkan sepatu Anda sesegera mungkin di suhu ruangan.
2. Gunakan kain yang agak lembab dan lembut untuk menyeka kotoran di sepatu. Ini akan membuat sepatu Anda terbebas dari noda.
3. Gunakan pelembab atau conditioner untuk barang-barang yang terbuat dari kulit dan aplikasikan dengan menggunakan ujung jari. Conditioner untuk barang-barang yang terbuat dari kulit bisa Anda dapatkan di toko-toko yang menjual sepatu atau tas kulit.
4. Jangan pernah mengeringkan sepatu dengan menggunakan hair dryer karena itu justru akan membuat sepatu jadi rusak. Meskipun mengeringkan sepatu kulit di suhu ruangan memang membutuhkan proses yang lebih lama, hal ini tidak akan merusak sepatu.

Tips dan Peringatan

Jangan pernah menggunakan bahan kimia yang bukan diperuntukkan khusus untuk sepatu dari kulit! Akan membuat sepatu jadi rusak dan mengubah warnanya. Jika mengoleskan pelembab untuk sepatu kulit, pastikan gerakkan tangan Anda memutar agar sepatu nampak lebih mengkilap.

READ:  5 Solusi Menyimpan Koleksi Sepatu

Sebaiknya, jika sepatu kulit terkena air dan basah, segeralah lakukan proses pengeringan. Semakin Anda menunda maka sepatu akan bau, berjamur dan kemudian rusak. Terakhir, usahakan agar tidak memakai sepatu kulit di tempat-tempat yang becek atau pada saat hujan.

(photo: ehow.com)