Tips dan Trik Mendekorasi Ulang Rumah

Loading...

trik dekorasi rumahAnda bosan dengan dekorasi rumah anda yang tidak berubah dari tahun ke tahun?

Mungkin masalah ini juga dialami mereka yang bingung bagaimana cara mendekorasi ulang rumah agar terlihat lebih segar dan baru namun dengan budget yang minim atau tanpa harus mengganti barang-barang lama.

Nah bagaimana cara menghadirkan suasana baru nan segar tersebut? Ternyata perabotan yang ada saja belum cukup untuk mengubah suasana rumah anda menjadi lebih menarik.

Diperlukan beberapa trik tambahan agar dekorasi rumah anda tidak membutuhkan banyak biaya.

Berikut beberapa tips praktis dalam mengubah dekorasi rumah dengan cara pintar namun tidak butuh terlalu banyak biaya tambahan.

1. Furnitur

Furnitur lama anda bisa dilapisi atau dicat ulang agar bisa menjadi lebih mengkilap dan bercahaya seperti baru. Hal ini  akan menimbulkan kesan perabotan lama anda berubah menjadi perabotan baru.

Pelapis furnitur juga sudah banyak dijual di pasaran dan tentu harganya tidak terlalu mahal. Bisa saja anda cukup dengan mengkilapkan saja atau bisa juga dengan mengganti warna dengan warna baru yang lebih cerah dan modern.

2. Cat dinding

Dinding tembok anda yang sudah lama, bisa jadi membuat cat temboknya pun ikut memudar dan banyak noda. Anda bisa mengganti cat tembok anda dengan cat baru dan dengan warna baru.

READ:  5  Tips Mudah Mendekorasi Ruang Masuk Rumah

Beranikan diri dalam bermain warna, namun tetap dicatat untuk selalu menyesuaikan antara warna cat dan furnitur anda.

Padupadankan warna yang anda suka. Jangan takut warna gelap dan jangan terlalu risih dengan warna ngejreng dan terang, bahkan jika dipadukan warna gelap dan terang justru akan memberikan warna yang menarik dan lebih hidup.

3. Lampshade

Jika anda terbiasa dengan menggunakan bohlam biasa yang hemat energi dan berwarna terang benderang di malam hari, anda bisa bereksperimen dan menggantinya dengan lampu lampshade.

Lampshade bisa memberikan gradasi warna dan cahaya yang lebih sendu dan berkesan kalem namun tetap berkelas. Tersedia begitu banyak pilihan lampshade di pasaran bahkan dengan harga-harga terjangkau.

4. Gorden

Bahkan gorden pun akan berubah modelnya seiring waktu. Anda bisa mengganti model gorden anda, bisa juga sekalian mengganti warna gorden disesuaikan dengan warna dinding yang baru anda cat.

Pilihlah aksen menarik pada gorden namun jangan norak dan berlebihan. Sekarang ini model simpel dan minimalis, dengan model gorden menempel di jendela bisa menjadi pilihan.

READ:  4 Tips Membuat Kamar Kost Bersih dan Nyaman

5. Detail warna

Anda juga bisa menambahkan furnitur tambahan berkonsep minimalis dan simpel namun tetap modern pada rumah anda agar kesan membosankan bisa hilang.

Misal saja anda bisa menambahkan permadani bulu di lantai tengah ruang keluarga anda, dengan motif abstrak dan singkirkan sementara karpet permadani motif bunga anda yang sudah ketinggalan jaman. Anda bisa juga menambahkan bantal sofa dengan warna tabrakan namun cantik, berwarna warni agar suasana terlihat lebih berwarna.

6. Detail aksesoris

Jika selama ini ruang keluarga anda hanya dilengkapi rak dengan aksen yang sedikit, anda bisa menambahkan detil buku-buku yang menumpuk atau menambahkan bingkai foto keluarga anda di sana, cukup yang berukuran kecil saja.

7. Hiasan dinding

Untuk hiasan dinding, anda bisa memilih lampu dinding yang temaram atau menempatkan kursi model lama di dekat dinding untuk memberi kesan vintage. Anda bisa juga menambahkan bingkai lukisan atau foto di dinding rumah anda.

8. Titik fokus

Anda harus memastikan bahwa setiap ruangan di rumah anda mempunyai titik fokus atau focus point, sebagai komponen paling menonjol dan menarik perhatian orang, sehingga bisa menjadi daya tarik pada rumah anda.

READ:  Tips dan Trik Dekorasi Rumah Minimalis

Bisa saja focus point yang anda pilih berupa rangkain bunga besar atau guci porselen setinggi tubuh, bahkan bisa juga patung Yunani putih nan elegan, sebagai salah satu yang menjadi pusat perhatian orang-orang.
**

Tips dan trik mendekorasi ulang rumah dengan budget minimal ini bisa anda lakukan seluruhnya atau sebagian saja. Karena tentu tidak semua tips yang ada bisa sekaligus digunakan, apalagi jika anda mempunyai budget yang terbatas untuk itu. Akan lebih baik bagi anda bila berani mengeksplore kreatifitas anda apapun bentuknya, jangan pernah takut. Selamat mencoba!

(foto: mobile.solusiproperti.com)